Ilustrasi orang sedang menanak nasi.
Ilustrasi orang sedang menanak nasi. ( SHUTTERSTOCK/LESTERMAN)

Ternyata Mudah, Berikut ini Cara Atasi Nasi Kurang Matang

14 Juli 2024 07:35 WIB

SonoraBangka.id - Memasak nasi bisa jadi merupakan hal yang menyebalkan. Salah satunya saat nasi ternyata masih kurang matang, padahal sudah dinantikan. Namun, ternyata ada cara mudah untuk mengatasi nasi kurang matang yang bisa Anda lakukan. Selain mudah, caranya juga simpel. Hanya ada dua langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah dua langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi nasi kurang matang, dilansir dari laman Sajian Sedap: 

1. Masak nasi dengan rice cooker

Jika Anda memasak nasi di rice cooker dan hasilnya belum matang, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, tambahkan air panas dari termos ke dalam nasi yang belum matang.
  • Aduk nasi hingga rata.
  • Tekan kembali tombol pada rice cooker untuk memasak nasi.
  • Setelah itu, tinggal menunggu hingga rice cooker menunjukkan bahwa nasi sudah matang. 

2. Masak nasi pakai dandang

Jika Anda memasak nasi menggunakan dandang, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Ambil sedikit nasi untuk memastikan apakah nasi sudah matang atau belum.
  • Jika nasi belum matang, lanjutkan mengukus nasi lebih lama hingga benar-benar matang. Selain itu, ada sedikit tips tambahan yang bisa Anda lakukan 

setelah nasi matang, yakni aduk nasi setelah matang. Hal ini penting karena nasi yang baru matang masih menyimpan uap panas di dalamnya. Dengan mengaduk nasi, uap panas akan keluar dan mencegah nasi menjadi berair. 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Atasi Nasi Kurang Matang, Ternyata Mudah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/13/193547875/cara-atasi-nasi-kurang-matang-ternyata-mudah.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm