Ilustrasi sup daging sapi
Ilustrasi sup daging sapi ( shutterstock)

Berikut 4 Cara Menghilangkan Lemak di Sup dengan Mudah

15 Juli 2024 20:48 WIB

SonoraBangka.id -  Sup adalah hidangan yang sering dijadikan pilihan karena rasanya yang lezat dan kemampuannya menghangatkan tubuh. Namun, kandungan lemak dalam sup sering kali menjadi kekhawatiran bagi mereka yang ingin menjaga pola makan sehat. Lemak yang berlebihan tidak hanya mengurangi kualitas nutrisi dari sup, tetapi juga dapat mempengaruhi rasa dan tekstur hidangan. Untungnya, ada beberapa cara mudah dan efektif untuk menghilangkan lemak dari sup, dilansir dari laman USA Today dan Better Homes and Gardens berikut ini.  

1. Siapkan Mangkuk dengan Es Batu

Mangkuk dengan es batu yang akan menjaga sendok sup tetap dingin. Letakkan es batu di dalam mangkuk dan celupkan sendok sup secara berkala untuk membuatnya tetap dingin dan siap beraksi.

2. Dinginkan Kaldu

Semalaman Simpan kaldu di kulkas semalaman. Sihir alam akan bekerja! Lemak yang terkandung dalam kaldu akan naik ke permukaan dan mengeras, sehingga mudah dipisahkan. Ini adalah cara paling mudah dan efektif untuk menghilangkan lemak. Berbuka dengan Segarnya Es Daluman dan Lembutnya Laklak Singaraja 

3. Skimming lemak dari kaldu panas

Gunakan sendok logam besar untuk menyendok lemak yang mengapung di permukaan kaldu panas. Geser perlahan bagian bawah sendok sup di sepanjang permukaan kaldu. Lemak yang mengeras akan menempel pada sendok, sedangkan kaldu yang lezat tetap berada di bawah. Secara berkala, lap bagian bawah sendok sup dengan tisu atau kain untuk menghilangkan lemak yang menempel. Pastikan sendok selalu bersih agar proses skimming tetap efektif.

4. Dinginkan kaldu terlebih dahulu

Cara yang lebih mudah menurut tim dapur uji coba kami adalah dengan mendinginkan kaldu terlebih dahulu. Tutup rapat dan simpan kaldu di kulkas selama 6-8 jam atau sampai lemak membeku di permukaan. Setelah itu, kamu bisa dengan mudah mengangkat lemak yang sudah mengeras menggunakan sendok.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Hilangkan Lemak di Sup dengan Mudah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/07/11/131300875/4-cara-hilangkan-lemak-di-sup-dengan-mudah.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm