Ilustrasi Xiaomi Buds 5
Ilustrasi Xiaomi Buds 5 ( Gizmochina)

TWS Xiaomi Buds 5 Resmi dengan AI ANC dan Spatial Audio

22 Juli 2024 14:15 WIB

SonoraBangka.ID - Xiaomi resmi meluncurkan aksesori audio true wireless stereo (TWS) terbarunya, yaitu Xiaomi Buds 5. Sesuai namanya, TWS ini merupakan suksesor Xiaomi Buds 4 yang diperkenalkan pada 2022 lalu. 

Dibanding generasi sebelumnya, Xiaomi Buds 5 kini hadir dengan fitur peredam suara bising aktif (active noise cancellation/ANC) yang sudah dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI).

Menurut Xiaomi, AI ANC di Xiaomi Buds 5 ini nantinya akan membuat tiga mikrofon yang ada di masing-masing earbud bisa meredam suara 33 persen lebih baik dibanding Xiaomi Buds 4. Sehingga, efek musik atau suara dari telepon akan terdengar semakin jelas.

Teknologi AI juga dibenamkan di Xiaomi Buds 5 untuk menghasilkan efek suara bass yang "menggelegar" namun tetap nyaman didengar, serta membuat frekuensi suara di 16 Hz- 40 kHz tetap enak didengar dan tidak "cempreng".

Untuk fitur suara, Xiaomi Buds 5 memiliki driver audio 11 mm yang turut dibekali dengan fitur aptX Lossless untuk transmisi audio berkualitas tinggi yang mulus. TWS ini juga sudah mempunyai fitur Spatial Audio untuk efek suara yang seakan berasal dari sekeliling pengguna alias 360 derajat.

Pada aspek desain, Xiaomi Buds 5 kini memiliki balutan desain yang lebih mewah dan modern. Namun, TWS ini tetap memiliki form factor serupa "batang" semi-in-ear yang punya eartip tanpa silikon, mirip seperti Xiaomi Buds 4.

Meski demikian, bobot tiap earbud Xiaomi Buds 5 kini berkisar 4,2 gram, 0,2 gram lebih ringan dibanding Xiaomi Buds 4.

Selain earbud yang lebih mewah, bungkusan (case) TWS teranyar Xiaomi ini juga sekarang lebih mengkotak dan premium, tidak membulat seperti generasi sebelumnya.  

Beralih ke aspek daya, case Xiaomi Buds 5 ditopang dengan baterai 480 mAh, dan masing-masing earbud-nya memiliki baterai 35 mAh. Xiaomi mengeklaim earbud Xiaomi Buds 5 bisa dipakai hingga 6,5 jam untuk mendengarkan musik ketika fitur AI ANC aktif.

Di pasar China, Xiaomi Buds 5 hadir dalam varian warna Moon Shadow Black, Snow Mountain, White, dan Titanium Gold. TWS ini dijual dengan harga 699 yuan atau sekitar Rp 1,5 juta, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Senin (22/7/2024). 

Belum ada informasi apakah TWS terbaru Xiaomi ini akan dijual di pasar Indonesia atau tidak. Kita nantikan saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "TWS Xiaomi Buds 5 Resmi dengan AI ANC dan Spatial Audio", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2024/07/22/12080027/tws-xiaomi-buds-5-resmi-dengan-ai-anc-dan-spatial-audio.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm