Kartu Indonesia Pintar
Kartu Indonesia Pintar ( Tribun Pontianak - Tribunnews.com )

Di Laman Sipintar pip.kemdikbud.go.id, Ini Cara Mengecek Status Penerima PIP Kemdikbud 2024 untuk Siswa SD, SMP, dan SMA

22 Juli 2024 19:38 WIB

SonoraBangka.id - Yuk ketahui cara mengecek status penerima Program Indonesia Pintar (PIPKemdikbud 2024 secara online melalui laman resmi Sipintar, pip.kemdikbud.go.id.

PIP Kemdikbud 2024 diberikan kepada siswa berbagai tingkat pendidikan, mulai dari SD, SMP, dan SMA sederajat agar mereka mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Alokasi dana PIP Kemdikbud 2024 untuk siswa SD, SMP, dan SMA saat ini sudah memasuki tahap kedua, dilakukan antara bulan Mei hingga September 2024 mendatang.

Untuk memeriksa apakah siswa masuk dalam daftar penerima PIP Kemdikbud 2024, siswa atau orangtua/wali harus melakukan pengecekan melalui laman Sipintar, pip.kemdikbud.go.id.

Berikut caranya:

1. Akses laman pip.kemdikbud.go.id di browser ponsel/laptop/tablet/PC;

2. Cari kolom "Cari Penerima PIP";

3. Isi data NISN dan NIK;

4. Lengkapi proses verifikasi dengan memasukkan hasil penjumlahan pada kolom; dan

5. Klik "Cari" untuk melihat informasi status penerima.

Apabila dalam laman tersebut menunjukan bahwa penerima masuk Surat Keputusan (SK) Nominasi, berarti langkah selanjutnya penerima harus mengaktivasi rekening Simpanan Pelajar (SimPel) di bank penyalur.

Penerima SD bisa ke BRI, penerima SMA dan SMK ke BNI sedangkan khusus penerima wilayah Aceh ke BSI.

Setelah akivasi rekening dilakukan, penerima dapat menunggu status pencairan berubah menjadi SK Pemberian.

Khusus penerima yang ditetapkan dalam SK Pemberian, bisa mengambil dana bantuan PIP Kemdikbud 2024 di bank peyalur dengan membawa rekening SimPel yang telah diaktivasi sebelumnya.

Tetapi, sebelum menuju bank penyalur, penerima harus memastikan bahwa jadwal pencairan PIP Kemdikbud 2024 telah terbit.

Artikel ini telah terbit di https://www.kabarbumn.com/trending/114886303/cara-mengecek-status-penerima-pip-kemdikbud-2024-untuk-siswa-sd-smp-dan-sma-di-laman-sipintar-pipkemdikbudgoid?page=2

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm