Mobil konsep Suzuki eVX hadir di GIIAS 2024(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Mobil konsep Suzuki eVX hadir di GIIAS 2024(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Alasan Suzuki Belum Pasarkan Mobil Listrik di Indonesia

24 Juli 2024 21:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada ajang GIIAS 2024, Suzuki untuk pertama kalinya mengenalkan mobil listrik eVX kepada konsumen di Tanah Air. Walau begitu, model ini belum diketahui kapan bakal meluncur dan dijual secara resmi.

Padahal beberapa pabrikan, termasuk merek Jepang, sudah merilis mobil listriknya, baik itu BEV ataupun (strong) hybrid.

Minoru Amano, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor, mengatakan, perusahaan mengambil jalan berbeda dibandingkan merek otomotif Jepang lainnya.

“Memang policy dari Suzuki adalah kecil dan ringan, jumlah komponen bisa lebih sedikit, sehingga lebih ringan, yang membuat karbon emisi lebih sedikit,” ujar Amano, kepada Kompas.com di Tangerang (17/7/2024).

“Kalau mobilnya berat, emisi karbon yang dihasilkan banyak. Kalau dari awalnya sudah ringan, jadi emisi karbon sedikit,” kata dia.

Suzuki percaya untuk menghadapi tantangan isu lingkungan global, perlu sediakan berbagai alternatif kendaraan bagi kebutuhan pelanggan.

“Kami menganut strategi multi-pathway, kami ada contoh hybrid, lalu BEV, atau bioethanol, dan lain-lain. Yang terpenting adalah karbon emisi yang rendah,” ucap Amano.

Dalam presentasinya di ICE BSD City, Amano menyatakan bahwa eVX adalah konsep mobil listrik pertama dari EV world strategic model, yang digadang oleh Suzuki sebagai kendaraan ramah lingkungan dengan wujud SUV untuk dikendarai di onroad maupun offroad.

Gaya SUV yang diusung eVX menjadi respon dari Suzuki atas usulan dari banyak pelanggan di pasar global.

"Sebagai bagian dari strategi Suzuki global, kami membawa, memperlihatkan dan memperkenalkan konsep mobil listrik eVX kepada publik di Indonesia, selaku referensi atas jawaban masa depan Suzuki terhadap tantangan netralitas karbon," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Suzuki Belum Memasarkan Mobil Listrik di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/24/074200915/alasan-suzuki-belum-memasarkan-mobil-listrik-di-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm