Peresmian Pojok Statistik Universitas Bangka Belitung
Peresmian Pojok Statistik Universitas Bangka Belitung ( Humas UBB)

Peresmian Pojok Statistik Universitas Bangka Belitung

26 Juli 2024 20:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Plt. Kepala Badan Pusat Statistik Amalia Adininggar Widyasanti didampingi oleh Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Moh. Edy Mahmud dan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Toto H. Silitonga meresmikan Pojok Statistik Universitas Bangka Belitung (UBB).

Pada kesempatan tersebut, Amalia menjadikan peresmian Pojok Statistik UBB sebagai momentum pengembangan literasi statistik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kehadiran Pojok Statistik bertujuan untuk membawa statistik lebih dekat dengan penggunanya di lingkungan Pendidikan, termasuk Perguruan Tinggi. Ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi yang kami lakukan bersama civitas akademika. Bagaimana nantinya seluruh aktivitas dan layanan bersifat kolaboratif, dikelola bersama oleh BPS dengan Perguruan Tinggi melalui pelibatan mahasiswa dan akademisi sebagai agen statistik.” Imbuh Amalia.

Rektor UBB, Ibrahim, turut hadir pada acara tersebut. Dalam sambutannya, Ibrahim menyatakan bahwa Pojok Statistik menjadi simbol keterpaduan antara keilmuan dan praktik statistik di lapangan.

Pojok statistik menjadi kondimen yang akan melengkapi kemampuan mahasiswa dalam memahami bahasa dan indikator statistik.

Hal ini menyempurnakan bentuk layanan dan kerja sama antara UBB dan BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah terjalin sebelumnya, yaitu pembentukan agen statistik.

Dalam laporan Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toto menyampaikan bahwa layanan Pojok Statistik di Perpustakaan UBB mulai hadir sejak Desember 2021 dan kolaborasi ini terus berkembang hingga telah melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama pada bulan April 2024.

Sejak Pojok Statistik berdiri, berbagai macam kegiatan mulai dari pelayananan konsultasi statistik, promosi dan edukasi statistik, hingga keikutsertaan perwakilan Agen Statistik UBB dalam kompetisi statistics datacamp telah dilakukan.

Penyelenggaraan kegiatan Peresmian Pojok Statistik UBB tak lepas dari peran Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Pusat dan ISEI Babel yang telah menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk Eventonomics: Learning from Swiftonomics, Multisport Events, and MICE. Seminar nasional dan Peresmian Pojok Statistik UBB tersebut dilakukan bertempat di Balai Peradaban UBB. Peresmian secara simbolis dilakukan dengan penandatanganan Maklumat Pelayanan Pojok Statistik, melalui Pojok Statistik ini diharapkan literasi dan pemanfaatan statistik di lingkungan Perguruan Tinggi dapat meningkat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm