Ilustrasi
Ilustrasi ( )

Tahu Apa itu Radikal Bebas? Ini Dampak dan Cara Mengatasinya

27 Juli 2024 09:49 WIB

SonoraBangka.id - Sudah tahu apa itu Radikal Bebas? Serta bagaimana dampak Bagi Tubuh dan Cara Mengatasinya?

Radikal bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) bukan hal asing lagi di dunia kesehatan.

Radikal bebas dan ROS keduanya adalah molekul yang tidak stabil dan sangat reaktif yang diproduksi secara alami oleh metabolisme sel, dan juga disebabkan oleh sinar UV, polusi udara, asap kendaraan, dan asap rokok.

Begitu masuk ke dalam tubuh, mereka menyumbangkan atau mencuri elektron dari molekul lain dalam upaya mereka untuk mendapatkan stabilitas dan dalam prosesnya, mereka mendatangkan malapetaka.

Berikut ini uraian terkait radikal bebas dikutip dari berbagai sumber.

Apa itu Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul yang memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan, membuatnya sangat reaktif secara kimia.

Molekul-molekul ini dapat merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh manusia melalui proses yang disebut oksidasi. 

Meskipun beberapa radikal bebas penting untuk proses biologis normal, produksi berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif yang merusak dan terkait dengan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan.

Bahaya Radikal Bebas bagi Tubuh

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm