Beli ban mobil di GIIAS 2023(KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI)
Beli ban mobil di GIIAS 2023(KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI) ( KOMPAS.COM)

Begini Cara Untuk Memilih Ban Mobil Baru yang Benar

27 Juli 2024 16:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada ajang Gaikindo Indonessia International Auto Show (GIIAS) 2024, banyak penawaran menarik untuk para pengunjung.

Tidak cuma potongan harga untuk mobil saja, tapi juga perlengkapan otomotif lainnya, seperti ban mobil. Bagi konsumen yang ingin membeli ban baru pastikan sudah memahami karakternya.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, ketika ganti ban mobil pastikan disesuaikan untuk kegunaannya.

“Beli ban harus disesuaikan peruntukannya, sesuaikan dengan mobilnya, mulai dari ukurannya yang harus sama dengan mobilnya,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Sabtu (27/7/2024).

Zulpata menyarankan, saat ganti ban mobil sebaiknya ukurannya sesuai atau setidaknya konversinya sama.

“Load index minimal sama atau lebih besar dibandingkan ban OEM-nya atau ban aslinya,” kata Zulpata.

Selain itu, pastikan model kembang ban juga sesuai dengan medan yang sering dilalui mobil.

“Untuk kendaraan penumpang, komersial, dipakai di on road atau banyakan di off road atau

Dengan memilih ban yang tepat berdasarkan kondisi jalannya bisa membuat performas menjadi lebih optimal dan keamanan berkendara lebih terjamin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Memilih Ban Mobil Baru yang Benar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/27/101200515/begini-cara-memilih-ban-mobil-baru-yang-benar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm