Tangkapan layar soal lele diberi pakan pelet dan kotoran ketika digoreng.(Twitter)
Tangkapan layar soal lele diberi pakan pelet dan kotoran ketika digoreng.(Twitter) ( KOMPAS.COM)

Ramai soal Lele yang Diberi Pakan Kotoran Akan Melengkung Saat Digoreng, Apakah Benar?

1 Agustus 2024 21:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Unggahan warganet yang menyebutkan perbedaan lele yang diberi pakan pelet dengan lele yang diberi pakan kotoran, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dimuat di akun X (Twitter) @ikhwanuddin pada (26/7/2024).

Dalam unggahannya, terdapat tangkapan layar warganet lain yang membandingkan bentuk lele setelah digoreng.

Disebutkan, lele yang diberi pakan pelet akan memiliki bentuk yang lurus saat digoreng, sedangkan lele yang diberi pakan kotoran akan memiliki bentuk yang bengkok atau melengkung.

Hingga Kamis (1/8/2024), unggahan tersebut sudah dilihat oleh 548.400 kali dan mendapatkan lebih dari 120 komentar dari warganet.

Lantas, benarkah pakan lele akan memengaruhi bentuk lele ketika digoreng?

Penjelasan pakar

Dosen Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University Dr Mohammad Mukhlis Kamal membantah anggapan yang mengatakan bahwa lele yang pakan kotoran akan melengkung ketika digoreng.

Menurut dia, yang membentuk tubuh ikan itu ada 2 sistem, yaitu rangka (tulang) dan daging (otot).

"Ikan dengan bentuk tubuh memanjang seperti lele atau seperti belut, memiliki tekstur daging lebih lunak dan rangkanya lebih halus, lembut, dan pendek. Sehingga jika dimasak dengan digoreng, akan mudah membengkok atau menggulung karena minyak panas," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (31/7/2024).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm