Ilustrasi tuas rem tangan(Stanly/KompasOtomotif)
Ilustrasi tuas rem tangan(Stanly/KompasOtomotif) ( KOMPAS.COM)

Masih Bisa Untuk Menyetel Rem Tangan Mobil Kurang Pakem

10 Agustus 2024 18:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Penggunaan rem tangan pada mobil memang memiliki peran penting dalam keamanan kendaraan, terutama saat parkir di area yang miring atau menanjak.

Bila kondisi rem tangan tidak prima atau tidak pakem, maka mobil bisa berpotensi menabrak objek atau kendaraan lainnya.

Meski begitu, saat rem tangan kurang pakem masih bisa diperbaiki dengan melakukan penyesuaian yang tepat.

“Perlu disetel gerak bebas rem tangannya. Normalnya empat sampai tujuh kali klik tergantung tiap mobil beda,” kata Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service kepada Kompas.com, Jumat (9/8/2024).

Meski banyak cara penyetelan rem tangan di media sosial, Muchlis menyarankan jika menyetel rem tangan sebaiknya bawa ke bengkel.

Muchlis juga menjelaskan, faktor rem tangan kurang pakem ini bisa karena seiring pemakaian dan keausan kampas rem belakang sehingga perlu dikondiskan.

Sebelumnya, Muchlis juga menyarankan untuk melakukan servis rutin yang berguna untuk pemeriksaan, penyetelan, pelumasan komponen rem.

Dia juga mengatakan, servis secara rutin bisa dilakukan setiap 10.000 kilometer atau enam bulan sekali.

Servis tidak cuma memeriksa rem masing-masing roda, tapi juga meliputi saluran dan komponen sampai menuju pedal rem.

“Master dan booster rem perlu diperiksa bekerja dengan benar atau tidak, selang dan persambungan pipa rem diperiksa dari kebocoran dan kerusakan fisiknya, dengan demikian akan menekan peluang terjadinya rem blong,” ucap Muchlis.

Pemilik juga wajib mengganti minyak rem secara rutin setiap 40.000 kilometer atau dua tahun sekali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masih Bisa Menyetel Rem Tangan Mobil Kurang Pakem ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/10/100200915/masih-bisa-menyetel-rem-tangan-mobil-kurang-pakem-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm