Ilustrasi ban mobil baru(KOMPAS.com/ Selma Aulia)
Ilustrasi ban mobil baru(KOMPAS.com/ Selma Aulia) ( KOMPAS.COM)

Apakah Boleh Ganti Ban Mobil Beda Merek?

12 Agustus 2024 21:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mengganti ban mobil idealnya dilakukan sekaligus atau satu set. Tetapi karena pertimbangan tertentu, banyak juga pemilik mobil yang mengganti ban cuma sepasang, baik depan atau belakang saja.

Mengingat fungsinya yang sangat penting dan berhubungan dengan keselamatan, apakah menggunakan ban beda merek dalam satu mobil akan menimbulkan risiko berbahaya?

Fisa Rizqiano, Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, mengatakan, ketika melakukan penggantian ban sebaiknya menggunakan merek yang sama.

“Ban beda merek, meskipun ukurannya sama, belum tentu sama juga secara dimensi (diameter atau lebar total), kontak area (contact path) ke jalan dan juga struktur bannya sendiri. Maka kinerjanya bisa berbeda dan bisa jadi issue, bukan hanya kenyamanan namun juga keselamatan,” ucap Fisa, kepada Kompas.com, Minggu (11/8/2024).

Fisa melanjutkan, kalau pemilik mobil terpaksa melakukan penggantian ban dengan merek yang berbeda, sebaiknya kendaraan hanya digunakan dalam keadaan normal saja. Artinya, tidak untuk dipacu dengan kecepatan tinggi.

“Kalau memang terpaksa, usahakan penggunaannya hanya dalam normal, seperti tidak dipacu dalam kecepatan tinggi, baik di jalan lurus atau tikungan, di jalan kering atau basah, maupun di jalan mulus atau kasar atau rusak. Demikian juga hindari pengemudian agresif dan lebih beban,” kata Fisa.

Sementara itu, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal menambahkan, perbedaan merek ban masih bisa ditoleransi kalau posisinya antara depan dan belakang, tapi tidak untuk kanan-kiri atau satu poros.

“Tidak perlu satu merek ban depan vs ban belakang, namun untuk satu poros kiri dan kanan harus diusahakan satu merek dan selalu dipasangkan,” ucap Zulpata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bolehkah Ganti Ban Mobil Beda Merek?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/12/072200315/bolehkah-ganti-ban-mobil-beda-merek-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm