Ilustrasi kaca film(Ilham Karim/Kompas.com)
Ilustrasi kaca film(Ilham Karim/Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Hal yang Harus Untuk Dihindari Setelah Pasang Kaca Film

14 Agustus 2024 21:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memasang kaca film pada mobil adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, mengurangi panas matahari, dan meningkatkan privasi.

Tapi, setelah pemasangan kaca film, ada beberapa hal yang harus dihindari agar hasil pemasangan tetap optimal dan kaca film bisa bertahan lama.

Banyak orang tidak menyadari bahwa tindakan yang tampaknya sepele justru dapat merusak kualitas kaca film yang baru dipasang.

Monita Cherline, Promotion & Advertising Manager di V-KOOL, menjelaskan beberapa hal harus dihindari setelah pemasangan kaca film.

"Hindari menaikkan atau menurunkan jendela mobil selama 48 jam setelah pemasangan film kaca," ujar Monita kepada Kompas.com, Rabu (14/8/2024).

Menurutnya, hal ini penting untuk mencegah kaca film bergeser atau terangkat sebelum lem yang digunakan benar-benar kering dan menempel sempurna pada kaca.

Selain itu, Monita juga menyarankan untuk tidak mengelap kaca dari bagian dalam selama periode yang sama.

"Terus hindari mengelap kaca dari bagian dalam selama 48 jam," tambahnya.

Tindakan ini untuk mencegah munculnya goresan atau gelembung udara yang bisa terjadi kalau kaca film belum sepenuhnya menempel dengan sempurna pada permukaan kaca.

Monita juga mengingatkan agar tidak menempelkan stiker di bagian dalam kaca selama 7 hari setelah pemasangan film.

"Jangan menempelkan stiker di bagian dalam kaca selama 7 hari setelah pemasangan film. Kalau tetap mau menempelkan stiker, gunakan bahan stiker decals yang dirancang untuk pemasangan dan pencopotan yang mudah," katanya.

Hal ini harus diperhatikan agar lem dari stiker tidak merusak lapisan kaca film yang masih dalam proses pengeringan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hal yang Harus Dihindari Setelah Pasang Kaca Film", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/14/172100415/hal-yang-harus-dihindari-setelah-pasang-kaca-film.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm