Ilustrasi pengisian radiator coolant alias air radiator untuk mendinginkan mesin mobil(Freepik/Senivpetro)
Ilustrasi pengisian radiator coolant alias air radiator untuk mendinginkan mesin mobil(Freepik/Senivpetro) ( KOMPAS.COM)

Radiator Mobil Disarankan Untuk Dikuras Setiap 40.000 Km

15 Agustus 2024 20:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Radiator mobil merupakan salah satu komponen penting yang bertugas sebagai pendingin mesin dan pengatur suhu mesin agar tetap stabil, sehingga mencegah terjadinya overheat.

Supaya radiator bisa bekerja dengan baik, pemiliknya perlu merawatnya dengan tepat. Salah satu perawatannya yaitu dengan kuras secara rutin.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, radiator mobil perlu dikuras agar tidak ada kotoran yang bisa menyebabkan pampat.

“Radiator wajib dikuras setiap 40.000 kilometer. Jika tidak maka bisa mampet dan aliran coolant tersumbat, sehingga mesin bisa overheat,” kata Iwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Iwan juga menekankan, bagi pemilik mobil yang mengisi cairan radiator dengan air biasa perlu dikuras, karena kalau terlalu lama dibiarkan bisa timbul karat.

Selain itu, Iwan juga mengatakan, kuras radiator sebaiknya dilakukan di bengkel supaya bisa mendapatkan penanganan yang baik dan benar.

“Sebaiknya bawa ke bengkel saja, karena kuras radiator prosedurnya harus tepat, perlu keahlian juga. Sangat berisiko jika salah prosedur,” kata Iwan.

Iwan juga mengatakan, biaya kuras radiator tergolong cukup murah mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 300.000 tergantung dengan coolantnya.

Hal serupa juga dikatakan, Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, jika terpaksa isi cairan radiator dengan air biasa sebaiknya setelah itu segera dikuras.

“Sebaiknya dikuras, supaya sisa-sisa air bisa hilang,” kata Muchlis.

Perawatan yang rutin dan benar sangat penting untuk menjaga kinerja radiator dan mesin mobil dalam kondisi optimal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Radiator Mobil Disarankan Dikuras Setiap 40.000 Km", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/15/092200315/radiator-mobil-disarankan-dikuras-setiap-40.000-km.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm