Bahaya Buka Tutup Radiator Saat Mesin Panas, Kulit Bisa Terkelupas(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Bahaya Buka Tutup Radiator Saat Mesin Panas, Kulit Bisa Terkelupas(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Interval Penggantian Air Radiator Mobil Tanpa Coolant

17 Agustus 2024 19:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil yang biasa menggunakan air keran atau sumur untuk mengisi radiator membutuhkan perawatan lebih intensif.

Kondisi seperti ini biasa terjadi pada mobil tua. Berhubung sudah terlanjur tak menggunakan coolant, maka kondisi komponen memerlukan perlakuan berbeda.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, konsumen tak perlu memaksakan kendaraan tua yang sudah terbiasa pakai air keran untuk mengisi radiator untuk diganti dengan coolant.

“Ada banyak risiko untuk mobil tua yang sudah biasa pakai air keran, bila beralih menggunakan coolant akan membuat korosi rontok dan justru menimbulkan masalah,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (16/8/2024).

Hardi mengatakan komponen mesin yang sudah korosi ketika terkena coolant akan rontok, sehingga akan menimbulkan keausan dalam jumlah besar.

“Blok mesin terkikis, pompa air aus, dan sejenisnya, sehingga justru bisa menyebabkan masalah overheat dan bahkan menimbulkan masalah lain yang lebih kompleks,” ucap Hardi.

Hardi menyarankan konsumen dengan kondisi demikian tetap pakai air biasa, dengan catatan lebih sering melakukan penggantian air radiator.

“Bila menggunakan coolant bisa melakukan pengurasan air radiator tiap 40.000 Km atau 80.000 Km, tapi kalau air biasa sebaiknya tiap 10.000 Km atau 15.000 Km dikuras, dan dikorok radiatornya,” ucap Hardi.

Menurut Hardi, kualitas air biasa tak mampu menjaga komponen tetap bersih, sebagaimana coolant, karena mineral yang terkandung cenderung memicu terjadinya korosi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Interval Penggantian Air Radiator Mobil Tanpa Coolant", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/17/072200415/interval-penggantian-air-radiator-mobil-tanpa-coolant.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm