Ilustrasi sambal terasi.
Ilustrasi sambal terasi. ( Dok. Shutterstock/Fanfo)

Cukup 7 Bahan, Berikut ini Cara Membuat Sambal Terasi

26 Agustus 2024 19:58 WIB

SonoraBangka.id - Menyantap hidangan belum lengkap tanpa sambal, termasuk sambal terasi. Rasanya yang pedas, gurih, dan sedikit manis membuatnya cocok dinikmati bersama aneka hidangan, sebut saja tahu goreng, tempe goreng, sayur asam, dan telur dadar. Ada sambal terasi yang menggunakan tomat, ada yang tidak. Untuk resep ini, tidak memakai tomat.  Simak resep dan cara membuat sambal terasi, dikutip dari buku "60 Resep Paket Lauk Ikan & Sambal" karya J. Edward (2016) terbitan PT Agromedia Pustaka.

Resep sambal terasi tujuh bahan

Bahan:

100 gr cabai rawit merah

100 gr cabai merah keriting

5 butir bawang merah

Minyak goreng secukupnya

1 sdt terasi (bakar)

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Cara membuat sambal terasi tujuh bahan 

1. Panaskan minyak di wajan. Goreng cabai rawit, cabai merah, dan bawang merah sampai layu. Angkat, kemudian tiriskan minyaknya.

2. Ulek atau haluskan aneka cabai dan bawang yang sudah digoreng tadi, bersama terasi, garam, dan gula. Teksturnya sesuai selera, tapi jangan terlalu halus. Sajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Sambal Terasi, Nikmat Disantap Cukup 7 Bahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/08/26/103245675/resep-sambal-terasi-nikmat-disantap-cukup-7-bahan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm