Ilustrasi daging ayam, daging ayam mentah.
Ilustrasi daging ayam, daging ayam mentah. ( FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS)

Jangan Dibeli dan Dikonsumsi, Berikut ini 8 Ciri-ciri Ayam Tiren

3 September 2024 06:22 WIB

SonoraBangka.id - Memilih daging ayam yang sehat dan berkualitas bukanlah tugas yang mudah. Banyak dari kita mungkin pernah mendengar tentang istilah "ayam tiren," yang merupakan singkatan dari "ayam mati kemarin." Ini adalah ayam yang sudah mati sebelum disembelih dan tetap dijual oleh pedagang nakal. Mengonsumsi daging ayam tiren bisa menjadi sumber penyakit serius, termasuk kanker. 

1. Warna kulit kusam

Ayam yang sehat memiliki warna kulit kuning muda yang segar, sementara ayam tiren cenderung memiliki kulit berwarna putih kelabu yang kusam. Warna kulit yang tidak segar bisa menjadi tanda bahwa ayam tersebut tidak layak dikonsumsi.

2. Tekstur kulit kasar dan pori-pori terbuka

Selain warna, tekstur kulit ayam juga bisa menjadi indikator. Kulit ayam sehat terasa halus dan lembut dengan pori-pori bekas cabutan bulu yang menutup rapat. Sebaliknya, kulit ayam tiren terasa kasar saat diraba, dengan pori-pori yang terlihat terbuka.

3. Sendi kaku Perhatikan lipatan sendi ayam.

Pada ayam sehat, sendi-sendi terasa lentur saat ditekuk, sedangkan pada ayam tiren, sendi-sendi terasa kaku dan tidak elastis.

4. Warna daging tua kecoklatan

Warna daging ayam juga bisa memberikan petunjuk penting. Daging ayam sehat berwarna merah muda segar karena darah keluar dengan maksimal saat disembelih. Sementara itu, daging ayam tiren berwarna merah tua kecokelatan karena darah tidak keluar sepenuhnya.

5. Tekstur daging tidak elastis

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm