Ikan bandeng, ikan tinggi asam folat yang mudah dijumpai di Indonesia.
Ikan bandeng, ikan tinggi asam folat yang mudah dijumpai di Indonesia. ( freepik)

Jangan Dibeli, Berikut ini 5 Ciri Bandeng yang Sudah Jelek

3 September 2024 07:39 WIB

SonoraBangka.id - Saat membeli ikan bandeng, penting untuk mengenali tanda-tanda yang menunjukkan bahwa ikan tersebut sudah tidak segar dan sebaiknya dihindari. Berikut adalah lima ciri bandeng yang kurang bagus dan tidak layak untuk dibeli:

1. Bau amis yang terlalu tajam

Bandeng yang sudah tidak segar biasanya memiliki bau amis yang sangat tajam dan tidak wajar. Bau yang kuat ini menandakan bahwa ikan tersebut sudah mulai membusuk. Sebaiknya, hindari membeli bandeng dengan bau amis yang menyengat karena ini adalah tanda bahwa ikan sudah tidak layak dikonsumsi. 

2. Mata yang keruh dan tidak menonjol

Mata ikan bandeng yang sudah tidak segar akan terlihat keruh dan tidak menonjol. Bandeng yang berkualitas rendah biasanya memiliki mata yang kusam, dengan pupil yang tidak lagi hitam pekat. Baca juga: Resep Ikan Bandeng Bumbu Kemangi, Lauk Praktis untuk Sahur Jika mata ikan tidak lagi jernih dan menonjol, ini merupakan tanda bahwa ikan tersebut sudah lama dan tidak segar.

3. Tekstur daging yang lembek

Salah satu tanda bahwa bandeng sudah tidak segar adalah ketika dagingnya lembek dan tidak elastis. Jika daging ikan ditekan dan tidak segera kembali ke bentuk semula, ini menunjukkan bahwa ikan sudah tidak lagi dalam kondisi baik. Daging yang lembek atau terlalu lunak adalah ciri bandeng yang sebaiknya dihindari.

4. Insang yang pucat atau dicampur pewarna

Insang bandeng yang sudah tidak segar biasanya tidak lagi berwarna merah pekat. Warna insang yang pucat menandakan bahwa ikan sudah mulai menurun kualitasnya.  Selain itu, berhati-hatilah dengan insang yang tampak terlalu merah dan mencurigakan, karena beberapa pedagang mungkin mencampurkan pewarna untuk membuat insang terlihat segar. Jika warna insang menempel di tangan dan sulit hilang, ini adalah tanda bahwa insang tersebut telah diberi pewarna.

5. Bau asam atau aneh dari ikan

Selain bau amis yang terlalu tajam, bandeng yang sudah tidak segar juga bisa memiliki bau asam atau bau yang tidak biasa. Lihat Foto Ikan bandeng, ikan tinggi asam folat yang mudah dijumpai di Indonesia.(freepik) Ini adalah tanda bahwa ikan telah melewati masa segarnya dan mulai membusuk. Bandeng dengan bau seperti ini sebaiknya tidak dibeli, karena dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Ciri Bandeng yang Sudah Jelek, Jangan Dibeli", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/09/01/134451675/5-ciri-bandeng-yang-sudah-jelek-jangan-dibeli.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm