( )

Ini Serba-serbi Candi Cetho, Candi Hindu Penuh Misteri di Lereng Gunung Lawu

8 September 2024 15:12 WIB

SonoraBangka.id - Ada salah satu candi yang menarik untuk dikunjungi bila Anda sedang berwisata ke Karanganyar, Jawa Tengah, yaitu Candi Cetho.

Ya, jika kamu tertarik dengan wisata sejarah yang penuh misteriCandi Cetho di lereng Gunung Lawu, Karanganyar, bisa menjadi pilihan yang menarik.

Candi Hindu peninggalan Kerajaan Majapahit ini menawarkan pemandangan menakjubkan dan cerita filosofis, penuh misteri, dan sarat makna.

Berada di ketinggian 1.496 meter, Candi Cetho menyajikan keindahan alam sekaligus pengalaman spiritual yang unik bagi pengunjungnya.

Sejarah Candi Cetho

Candi Cetho pertama kali ditemukan oleh Van Der Vlies pada tahun 1842. Awalnya, candi ini terdiri dari belasan teras atau punden bertingkat, namun setelah mengalami restorasi besar-besaran pada tahun 1970, jumlahnya berkurang menjadi sembilan.

Punden ini mencerminkan sistem kepercayaan animisme dan dinamisme, di mana dataran tinggi dianggap sakral karena diyakini sebagai tempat yang dekat dengan para leluhur dan dewa.

Nama Cetho sendiri berarti "jelas" atau "nyata," baik secara pandangan manusia maupun secara gaib.

Dari segi pemandangan, Candi Cetho menawarkan panorama indah yang mencakup wilayah Karanganyar dan Solo.

Tempat ini juga masih digunakan untuk ritual keagamaan, khususnya bagi umat Hindu dan penganut Kejawen.

Sumberwww.kabarbumn.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm