Ilustrasi
Ilustrasi ( jagomandarin.com/)

Pentingnya Menguasai Bahasa Mandarin dalam Dunia Bisnis

12 September 2024 13:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Tahukah Anda bahwa ada 1 miliar lebih orang di seluruh dunia yang menggunakan bahasa Mandarin untuk berkomunikasi.

Tidak hanya dengan jumlah penuturnya yang besar saja, dengan menguasai bahasa Mandarin juga bisa memberikan kesempatan kemajuan bisnis Anda.

Oleh karena itu tidak ada salahnya mengikuti kursus Mandarin untuk mempelajari bahasa Mandarin secara lebih dalam.

Pentingnya Bahasa Mandarin 

Bagi Anda pemilik bisnis dan bergerak dalam dunia bisnis, ada beberapa alasan yang membuat Anda penting menguasai bahasa Mandarin agar meningkatkan prospek bisnis ataupun karier Anda. Berikut ini penjelasannya. 

1. Peluang Bisnis Yang Lebih Luas 

China adalah salah satu negara maju dengan perekonomian yang terbesar di dunia. Menurut data dari International Monetary Fund (IMF) di tahun 2021, China diprediksi akan menjadi negara yang menempati peringkat pertama di dunia sebagai negara dengan tingkat perekonomian yang terbesar pada tahun 2024 di dunia. 

Saat ini, ada banyak perusahaan besar dari China yang sudah memperluas jangkauannya hingga ke pasar Internasional. Mereka terus memberikan peluang kerja sama bisnis dan lapangan pekerjaan di berbagai penjuru dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

Dengan keterampilan berbahasa Mandarin ini Anda dapat memperoleh keuntungan yang kompetitif ketika melamar pekerjaan. Di samping itu, Anda juga bisa menjalin kerja sama bisnis dengan mitra China secara langsung tanpa kekhawatiran dan miskomunikasi.

2. Memperkuat Jaringan dan Relasi 

Dalam dunia bisnis dan kerja, relasi adalah hal yang sangatlah penting dalam menunjang berbagai aktivitas bisnis yang krusial. Bahkan relasi menjadi kunci keberhasilan untuk berbagai urusan. Apabila Anda mempunyai keterampilan bahasa Mandarin, maka Anda bisa memperluas relasi Anda dengan individu ataupun organisasi dari China. 

Anda bisa mengikuti kursus Mandarin untuk memperdalam skill berbahasa Mandarin Anda. Kemampuan Anda dalam berbahasa Mandarin yang baik memungkinkan Anda untuk membangun relasi yang lebih kuat dan luas.

Dengan relasi yang kuat ini dapat membantu Anda untuk mencari dan mendapatkan peluang bisnis baru, menemukan klien dan partner bisnis, bahkan bisa menemukan mentor yang bisa membimbing Anda demi kemajuan bisnis Anda. Tentu banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh dari menjalin relasi dan jaringan yang lebih luas. 

3. Banyaknya Perusahaan Multinasional Dari China

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa perusahaan multinasional China mempunyai pengaruh yang besar dalam perekonomian global. Misalnya perusahaan seperti TikTok, Xiaomi, dan Alibaba yang terus berkembang pesat memperluas jangkauannya ke semua negara di Dunia.

Setiap tahunnya, perusahaan-perusahaan China masuk ke dalam daftar Fortune Global yang terus meningkat. Pada tahun 2021, bahkan ada 143 perusahaan dari China yang berhasil masuk ke daftar tersebut dan berhasil mengalahkan Amerika Serikat dengan hanya 122 perusahaan saja. Kini banyak perusahaan di dunia yang menjadikan keterampilan berbahasa Mandarin sebagai kualifikasi karyawannya.

4. Bahasa Terbanyak Digunakan di Dunia 

Bahasa Mandarin yang merupakan salah satu bahasa yang memiliki jumlah penutur terbanyak di dunia. Tahun 2022, ada lebih dari 1 miliar penutur bahasa Mandarin yang menjadikan bahasa kedua setelah bahasa Inggris. Bahasa Mandarin kini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi di China saja, namun di beberapa negara yang lainnya. 

  • Dengan memiliki kemampuan bahasa Mandarin yang baik, Anda bisa berkomunikasi secara lebih baik dengan banyak orang si berbagai penjuru dunia. Semakin luas relasi Anda, semakin banyak juga peluang bisnis yang akan Anda dapatkan. Dengan begitu banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dengan mempelajari bahasa Mandarin, yaitu dengan mengikuti kursus Mandarin secara intensif.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm