Ilustrasi pelek mobil.(KompasOtomotif-Donny Apriliananda)
Ilustrasi pelek mobil.(KompasOtomotif-Donny Apriliananda) ( KOMPAS.COM)

Apa Beda Mobil yang Pakai Baut Roda Empat serta Lima?

21 September 2024 16:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Jumlah baut roda pada mobil tidak sama. Ada roda yang berjumlah empat baut dan yang berjumlah lima baut.

Baut jumlah empat biasanya dipakai oleh mobil Jepang dan baut berjumlah lima diadopsi oleh mobil Eropa. Meski saat ini sebetulnya tidak ada patokan khusus.

Misalnya Suzuki Ertiga 2013 memakai jumlah lima baut bukan empat, pun demikian nyatanya tak semua mobil Eropa memakai lima baut untuk roda.

“Kalo ditanya kenapa mobil Eropa semua menggunakan baut 5 sebenarnya tidak mutlak. Karena mobil Smart ForTwo generasi awal malah hanya menggunakan 3 baut,” kata Pras Moerdhoko, Aftersales Marketing Mercedes-Benz PRO Motor kepada Kompas.com, Jumat (20/9/2024).

Pras mengatakan, alasan utama pabrikan mobil menggunakan baut lima ialah untuk keamanan dan keselamatan.

“Alasan utama menggunakan baut 5 adalah untuk keamanan, karena semakin berat bobot kendaraan, mengharusnya penggunaan baut lebih banyak sehingga lebih aman,” ujarnya.

“Untuk keunggulan baut 5 dan baut 4 sebenarnya tidak ada yang signifikan, karena kembali ke fungsinya, jumlah baut itu menyesuaikan dengan bobot kendaraan,” katanya.

Tapi kata Pras, jika dicari keunggulannya maka mobil dengan empat baut lebih mudah buat dibuka.

“Paling jika mau disebutkan, keuntungan baut 4 akan lebih mudah dalam proses bongkar pasang roda,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Beda Mobil yang Pakai Baut Roda Empat dan Lima?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/21/072200315/apa-beda-mobil-yang-pakai-baut-roda-empat-dan-lima-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm