Ilustrasi akuarium ikan dengan tanaman air.(Shutterstock/Andrei Armiagov)
Ilustrasi akuarium ikan dengan tanaman air.(Shutterstock/Andrei Armiagov) ( KOMPAS.COM)

Memelihara Ikan Dapat Membawa Keberuntungan di Rumah, Apakah Benar?

24 September 2024 18:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memelihara ikan menjadi hobi yang menyenangkan dan dapat mengusir kebosanan.

Memelihara ikan juga tidak memerlukan perhatian dan dapat memberikan ketenangan di rumah. Bahkan, menurut feng shui, memelihara ikan diyakni dapat membawa keberuntungan dan rezeki ke rumah. 

Memelihara ikan atau memiliki akuarium berisi ikan sangat populer dalam feng shui. Dilansir dari NST.com, kalau dipelihara dengan baik, akuarium dapat menjadi tambahan menenangkan dan bermanfaat bagi rumah. 

Akuarium ikan dipercaya memiliki kemampuan menghasilkan sejumlah besar energi positif atau “chi”, menarik kemakmuran, juga mampu menyerap energi negatif. 

Feng shui percaya semakin cepat ikan bergerak di dalam akuarium, semakin banyak “chi” yang dihasilkan, semakin banyak kemakmuran, kekayaan, serta kebahagiaan yang tertarik,

Tapi, Angelina Fang, konsultan senior feng shui Indonesia dan co-founder Feng Shui Consulting Indonesia, mengatakan tidak ada kaitannya memelihara ikan dengan membawa keberuntungan dan kemakmuran di rumah dalam feng shui.

Begitu pun tidak ada ketentuan dalam feng shui ilmiah bahwa jenis ikan tertentu dapat memberikan keberuntungan.

"Bila senang memelihara ikan, ikan jenis apa pun tidak masalah, yang penting dijaga kesehatan ikan dan kualitas airnya," ucap Angelina kepada Kompas.com, Senin (23/9/2024). 

Namun, elemen yang berkaitan dengan feng shui adalah air. Dalam feng shui, elemen air berfungsi mengaktifkan energi. Semakin besar ukurannya, semakin besar pengaruhnya.

Jadi, hal yang penting diperahtikan  adalah di mana lokasi meletakkan akuarium dan kolam ikan di rumah serta kualitas air, seperti kebersihan dan tidak berbau. Sebab, kolam atau aquarium ikan yang kotor bisa mencemari Qi atau energi dalam rumah.   

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm