Ilustrasi gerhana matahari cincin
Ilustrasi gerhana matahari cincin ( (SHUTTERSTOCK/SUMANBHAUMIK))

2 Oktober 2024 Terjadi Gerhana Matahari Cincin, Wilayah Mana Saja yang Bisa Melihatnya dan Apakah Indonesia Termasuk?

28 September 2024 08:37 WIB

SonoraBangka.idGerhana matahari cincin terjadi ketika bulan berada di antara Bumi dan Matahari, tetapi tidak sepenuhnya menutupi Matahari.

Nah, pada bulan Oktober 2024 nanti akan terjadi fenomena langka yaitu gerhana matahari cincin.

Ini terjadi karena bulan berada pada jarak yang lebih jauh dari Bumi, sehingga terlihat lebih kecil.

Akibatnya, di tepi Matahari terbentuk cahaya berbentuk cincinGerhana ini biasanya terlihat di jalur tertentu di permukaan Bumi.

Gerhana Matahari cincin merupakan fenomena astronomi ketika Bulan melewati antara Matahari dan Bumi dan berada dekat dengan titik terjauhnya dari Bumi.

Fenomena ini terjadi saat bulan melintas tepat di antara Bumi dan Matahari, tetapi tidak sepenuhnya menutupi piringan Matahari.

Saat fenomena astronomi ini terjadi, Bulan tidak sepenuhnya menutupi Matahari dan menciptakan sesuatu yang tampak seperti cincin api di langit.

Gerhana Matahari Cincin Oktober 2024 Bisa Dilihat di Indonesia?

Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada 2-3 Oktober 2024. Bulan akan melintas di depan Matahari dan menimbulkan bayangannya di seluruh wilayah Bumi.

Melansir science.nasa.gov, gerhana matahari cincin akan terlihat di sebagian Amerika Selatan, dan gerhana sebagian akan terlihat di sebagian Amerika Selatan, Antartika, Amerika Utara, Samudera Atlantik, dan Samudera Pasifik, termasuk Hawaii.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm