Pemeriksaan area kolong bus saat lakukan uji KIR(KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI)
Pemeriksaan area kolong bus saat lakukan uji KIR(KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI) ( KOMPAS.COM)

Kemenhub Mulai Untuk Percobaan Uji KIR Digital di 10 Lokasi

28 September 2024 20:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menunjuk Unit Pelaksana Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Jagakarsa sebagai lokasi uji coba penerapan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-e) Sistem atau uji KIR digital.

Inisiatif Kemenhub RI untuk menerapkan sistem BLU-e merupakan langkah maju dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi layanan uji berkala kendaraan bermotor.

Dengan integrasi data yang lebih baik, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaatnya dalam bentuk kemudahan serta kecepatan layanan.

Kepala UP PKB Jagakarsa Fatchuri mengatakan, melalui sistem ini, kendaraan dari luar daerah nantinya bisa melakukan pengujian di mana saja.

"Kami menyambut baik dipilihnya UP PKB Jagakarsa untuk uji coba penerapan BLU-e," ujar Fatchuri dalam keterangan tertulis, Jumat (27/9/2024).

Fatchuri menjelaskan, pengembangan sistem informasi pada layanan uji berkala telah menuju penyempurnaan dari BLU-e versi 1 dan 2.

Sistem tersebut ditingkatkan menjadi BLU-e berbasis full cycle yang merupakan penyempurnaan dengan fitur tambahan seperti, sinkronisasi satu database uji berkala antara pemerintah daerah kabupaten, dan kota dalam memudahkan layanan.

"Ke depan tidak ada lagi Buku KIR, semuanya sudah masuk ke dalam sistem secara digital," ucap Fatchuri.

Menurutnya, dengan BLU-e sistem ini, nantinya seluruh data kendaraan akan terintegrasi dengan Kemenhub RI.

Sehingga, penggunaan sistem BLU-e Sistem dapat mempermudah distribusi dan penerbitan bukti lulus uji berkala kendaraan bermotor secara cepat, efisien, terintegrasi, serta transparan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm