Ilustrasi mengemudi di jalan tol.(kompas.com)
Ilustrasi mengemudi di jalan tol.(kompas.com) ( kompas.com)

Begini Untuk Cara Mengemudikan Mobil CVT agar Hemat BBM

5 Oktober 2024 16:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mengemudikan mobil dengan transmisi Transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) menawarkan kenyamanan dan kemudahan, terutama bagi pengemudi di perkotaan dengan lalu lintas padat.

Tapi, banyak pengemudi yang menginginkan pemahaman lebih dalam tentang cara mengemudikan mobil CVT agar lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Meskipun CVT dirancang untuk memberikan perpindahan gigi mulus dan performa yang konsisten, tidak semua pengemudi menyadari bahwa ada teknik-teknik khusus untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Solo, Jawa Tengah, mengatakan, hampir semua matik caranya mengemudi agar hemat BBM-nya sama.

“Kuncinya di cara menekan pedal gas. Menginjak pedal gas jangan ugal-ugalan dan harus bertahap,” kata Iwan kepada Kompas.com, Jumat (4/10/2024).

Ketika di jalan perkotaan pengemudi bisa menggunakan mode eco supaya penggunaan bahan bakar lebih optimal. Mode eco dapat membantu mengatur akselerasi, perpindahan gigi, serta penggunaan fitur tambahan seperti AC agar lebih efisien.

“Gunakan mode eco ketika jalanan kota-kota, dan kalau tidak dibutuhkan tenaga besar,” kata Iwan.

Selain itu, Iwan menyarankan, saat melewati jalan tol pengemudi harus menjaga kecepatan secara konstan.

“Ketika di jalan tol bisa harus bisa menjaga kecepatan secara konstan, atau gunakan fitur cruise control atau active cruise control,” katanya.

Dengan melakukan cara seperti itu, pengemudi dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil CVT, baik di jalan perkotaan maupun di jalan tol.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Mengemudikan Mobil CVT agar Hemat BBM", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/05/084200715/begini-cara-mengemudikan-mobil-cvt-agar-hemat-bbm.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm