Pj. Gubernur Babel dan Plt. Bupati Bangka Tengah meresmikan Pujadesa di Desa Air Mesu
Pj. Gubernur Babel dan Plt. Bupati Bangka Tengah meresmikan Pujadesa di Desa Air Mesu ( Diskominfosta Bangka Tengah)

Dalam Rangka HUT Ke 207 Desa Air Mesu, Pj. Gubernur Babel dan Plt. Bupati Bangka Tengah Resmikan Pujadesa

14 Oktober 2024 19:30 WIB

SonoraBangka.id - Dalam rangka merayakan HUT ke 207 tahun Desa Air Mesu yang bertepatan pada 13 Oktober, Pusat Jajanan Desa atau pujadesa secara resmi dibuka oleh Pj. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sugito bersama Plt. Bupati Bangka Tengah, Era Susanto dan Kepala Desa Air Mesu, Pajri, pada Minggu (13/10/2024).

Terletak dijalur utama, Pujadesa Mitra Sejahtera ini berisi sebanyak 12 gerai UMKM yang merupakan binaan dari PT. Mitra Stania Kemingking.

Ditandai dengan pemotongan pita serta nasi tumpeng, Sugito berharap dengan diresmikannya pujadesa ini dapat menjadi embrio untuk mengembangkan ekonomi masyarakat.

"Alhamdulillah, dengan kreativitas serta dukungan dari masyarakat juga pemerintah serta mitra, hari ini kita bisa me-launching pujadesa yang kita harapkan dapat menjadi langkah kemajuan dalam mengembangkan desa secara kreatif," ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada Pemerintah Desa Air Mesu untuk terus berkreasi dan inovatif dalam mengembangkan desa terutama pujadesa yang sudah dibangun ini.

"Harus tetap inovatif dan kreatif, jangan sampai pujadesa ini booming diawal, tetapi harus terus berkelanjutan. Produk-produk UMKM juga harus terus dibina baik itu sertifikasi halal maupun patennya sehingga desa punya ciri khas tersendiri," lanjut Sugito.

Sementara itu, Era mengapresiasi HUT Desa Air Mesu yang baru pertama kali diselenggarakan. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi sebuah tolak ukur sehingga di tahun-tahun berikutnya dapat lebih meriah.

"Alhamdulillah, di usia yang ke 207 tahun ini kita harapkan Desa Air Mesu bisa semakin berkembang dan masyarakatnya sejahtera. Dan melalui pujadesa yang diresmikan ini, potensi UMKM yang ada dapat dikenalkan kepada para pengunjung," kata Era.

Ia berharap akan selalu ada pengembangan kreativitas serta inovasi yang ada di Desa Air Mesu maupun desa-desa lainnya.

"Potensi Desa di Bangka Tengah ini begitu banyak, salah satunya Desa Air Mesu yang memiliki Pesta Durian sebagai ajang promosi pariwisata lokal yang mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah. Dengan adanya Pujadesa serta Pesta Durian sebagai daya tarik utama bagi pengunjung. Nantinya kita harapkan potensi kuliner lokal dapat meningkat serta memperkuat identitas kuliner Desa Air Mesu," harapnya.

Selaku Kepala Desa, Pajri mengungkapkan HUT Desa Air Mesu yang dirangkaikan dengan peresmian Pujadesa ini diharapkan dapat lebih mengenalkan Desa Air Mesu mulai dari adat istiadat, budaya hingga kuliner.

"Ini adalah hasil kerja keras, kolaborasi serta dukungan dari masyarakat, BPD, RT/RW, pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan Mitra Stania Kemingking sehingga baik itu HUT Desa Air Mesu dan Pujadesa ini dapat terselenggara," tutur Pajri.

Sementara itu diketahui bahwa, turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Plt. Sekda Bangka Tengah, anggota DPRD Bangka Tengah, Sekcam Pangkalan Baru, Kepala Divisi Program PPM PT. Mitra Stania Kemingking, tokoh agama dan masyarakat Desa Air Mesu.

Artikel ini telah terbit di https://bangkatengahkab.go.id/berita/detail/kominfo/hut-ke-207-desa-air-mesu-pujadesa-diresmikan-pj-gubernur-babel-dan-plt-bupati-bangka-tengah

Sumberbangkatengahkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm