Gejala asam urat pada lutut.(PIXABAY/u_if8o5n0ioo)
Gejala asam urat pada lutut.(PIXABAY/u_if8o5n0ioo) ( KOMPAS.COM)

Waspada Gejala Asam Urat pada Lutut, Berikut Untuk 6 Cirinya

14 Oktober 2024 21:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam aliran darah.

Asam urat biasanya menyebabkan peradangan dan rasa nyeri hebat, yang dapat terjadi pada sendi mana pun, termasuk di jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Kondisi radang sendi dan rasa nyeri tersebut disebabkan karena penumpukan kristal asam urat berlebih di persendian dan jaringan lunak.

Biasanya, asam urat melewati ginjal, yang membantu menghilangkan kelebihan asam urat dalam urine. Namun, kadang asam urat terlalu banyak untuk ditangani oleh ginjal.

Akibatnya, lebih banyak asam urat yang bersirkulasi ke seluruh tubuh dan berakhir di sendi seperti lutut dalam bentuk kristal asam urat.

Gejala asam urat di lutut

Dilansir dari Kompas.com (18/11/2023), asam urat pada lutut dapat menyebabkan peradangan di dalam dan sekitar sendi lutut.

Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan peradangan pada bursae prepatellar di bagian depan tempurung lutut.

Berikut adalah beberapa gejala asam urat pada lutut:

1. Bengkak pada area lutut dan sekitarnya

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm