Ilustrasi servis CVT motor matik.(Wahana Honda)
Ilustrasi servis CVT motor matik.(Wahana Honda) ( KOMPAS.COM)

Tanda CVT Motor Matik Minta untuk Segera Diservis

18 Oktober 2024 19:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah CVT (Continuously Variable Transmission) pada motor matik merupakan salah satu komponen vital yang mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Bila CVT mengalami kerusakan, performa motor akan terganggu, mulai dari akselerasi yang lambat hingga suara berisik saat digunakan.

Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk mengenali gejala-gejala kerusakan CVT agar bisa segera melakukan perbaikan dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

Menurut Purnomo, pemilik Tamaro Motor, beberapa tanda umum kerusakan CVT adalah akselerasi motor yang terasa berat dan suara mendengung atau berdecit saat gas diputar.

"Kalau motor terasa lebih lambat meski sudah di-gas maksimal, atau ada suara mendengung dari area CVT, itu pertanda bahwa CVT perlu diperiksa," ucap Purnomo kepada Kompas.com, Kamis (17/10/2024).

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya melakukan perawatan rutin, seperti mengganti oli CVT secara berkala dan membersihkan bagian CVT dari kotoran.

"Perawatan CVT sebenarnya sederhana, cukup rutin mengganti oli CVT dan membersihkan bagian dalamnya dari debu dan kotoran yang menempel," ujar Purnomo.

Dengan perawatan yang tepat, pengendara dapat menjaga performa CVT motor tetap optimal dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Perbaikan dan perawatan CVT yang tepat tidak cuma membuat motor kembali nyaman digunakan, tetapi juga memperpanjang usia pakai komponen CVT.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanda CVT Motor Matik Minta Segera Diservis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/18/072200315/tanda-cvt-motor-matik-minta-segera-diservis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm