Ilustrasi perawatan ban mobil(Dok. Dunlop Indonesia)
Ilustrasi perawatan ban mobil(Dok. Dunlop Indonesia) ( KOMPAS.COM)

Kapan Waktu yang Ideal untuk Melakukan Rotasi Ban Mobil?

24 Oktober 2024 21:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Merotasi ban mobil secara berkala adalah salah satu langkah penting untuk menjaga keausan ban tetap merata dan memperpanjang umur pemakaian.

Setiap ban bekerja dengan beban yang berbeda, tergantung pada posisi roda dan gaya mengemudi, sehingga merotasi ban dapat membantu menjaga performa dan kenyamanan berkendara tetap optimal.

Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia, Mochammad Fachrul Rozi, menjelaskan bahwa ban yang tidak dirotasi secara rutin cenderung akan mengalami keausan yang tidak merata, terutama pada roda penggerak utama.

"Ban yang dipasang di bagian depan, misalnya, biasanya lebih cepat aus karena harus menangani beban kemudi dan pengereman. Jika tidak dirotasi, perbedaan keausan ini akan mempengaruhi kontrol dan keamanan kendaraan," kata Rozi kepada Kompas.com, Rabu (23/10/2024).

Rozi menambahkan bahwa rotasi ban juga dapat membantu menjaga stabilitas kendaraan, terutama saat berkendara di jalan yang licin atau bergelombang.

Dengan merotasi ban, pengemudi dapat memaksimalkan penggunaan semua ban secara merata, mengurangi risiko penggantian ban lebih cepat dari yang seharusnya.

"Rotasi idealnya dilakukan setiap 10.000 kilometer atau mengikuti rekomendasi pabrikan. Ini juga bisa dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan tekanan angin dan keseimbangan roda untuk menjaga keselamatan berkendara," kata Rozi.

Dengan rotasi ban yang rutin, pemilik kendaraan dapat memastikan performa ban tetap optimal juga memperpanjang masa pakainya, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar karena gesekan ban yang lebih merata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Rotasi Ban Mobil?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/24/064200715/kapan-waktu-yang-tepat-untuk-melakukan-rotasi-ban-mobil-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm