SonoraBangka.id - Guna meningkatkan jumlah wisatawan antara Indonesia dan Singapura, Singapore Tourism Board (STB) resmi menjalin kemitraan strategis dengan Garuda Indonesia dan Changi Airport Group (CAG).
Pengumuman ini bertepatan dengan rilis kinerja pariwisata Singapura 2024 serta fokus strategis untuk 2025 dalam konferensi pers di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.
Pada 2024, Indonesia menjadi pasar wisatawan terbesar kedua bagi Singapura dengan 2,49 juta pengunjung, naik 8% dari tahun sebelumnya.
Pengeluaran wisatawan Indonesia pun signifikan, mencapai SGD 2,13 miliar dalam sembilan bulan pertama 2024, didominasi oleh belanja, akomodasi, serta F&B.
Secara keseluruhan, sektor pariwisata Singapura mencatat pertumbuhan kuat dengan 16,5 juta wisatawan internasional sepanjang 2024, meningkat 21% dibandingkan tahun sebelumnya.
Melanjutkan kinerja positif di tahun 2024, STB menandatangani Memorandum of Cooperation (MOC) tripartit dengan Garuda Indonesia dan Changi Airport Group.
MOC ditandatangani oleh Terrence Voon, Executive Director, Southeast Asia, STB, Naufal Aflah, Corporate & Channel Group Head, Garuda Indonesia, dan Peh Ke-Wei, Vice President of Market Development, Changi Airport Group.
Kemitraan selama satu tahun ini bertujuan memperkuat konektivitas dan promosi pariwisata dua arah antara Singapura dan Indonesia.
Kesepakatan ini mencakup berbagai inisiatif, termasuk kampanye pemasaran bersama dan penawaran perjalanan baru seperti paket Fly-Cruise ke Singapura.
Saat ini, Garuda Indonesia mengoperasikan 55 penerbangan mingguan ke Singapura, termasuk 41 penerbangan dari Jakarta, serta layanan dari Bali dan Surabaya.