Forum Group Discussion (FGD) dengan tema "Menjamin Kualitas Pilkada di Saat Pandemi Covid-19" melalui video conference, Senin (8/6).
Forum Group Discussion (FGD) dengan tema "Menjamin Kualitas Pilkada di Saat Pandemi Covid-19" melalui video conference, Senin (8/6). ( Diskominfo Babel)

Gubernur Erzaldi Harap Pemilukada 2020 Mendepankan Teknologi dan Jalankan Protokol Covid - 19

9 Juni 2020 08:24 WIB


SonoraBangka.id  - Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, di dalam masa pandemi Covid-19, sesuai dengan ketetapan diselenggarakan pada tanggal 9 Desember 2020. Diharapakan dalam penyelenggaraannya, pemilukada memanfaatkan teknologi informasi dan benar-benar menjalankan protokol Covid-19.

Pernyataan itu diungkapkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat menjadi narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) dengan tema "Menjamin Kualitas Pilkada di Saat Pandemi Covid-19" melalui video conference, Senin (8/6).

Lebih lanjut Gubernur Erzaldi menyampaikan, apa yang telah menjadi ketetapan pelaksanaan tahapan pemilukada tahun 2020 oleh pemerintah, yang sedianya akan digelar pada bulan September ditunda menjadi 9 Desember, agar untuk dilaksanakan.

Yang perlu menjadi perhatian dalam pelaksanaan pemilukada di masa pandemi ini adalah untuk benar-benar sesuai dan melaksanakan protokol Covid-19.

Oleh sebab itu, Gubernur Erzaldi menyarankan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan stakeholder lainnya agar mengedepankan pemanfaatan teknologi informasi baik dari tahap awal hingga penetapannya. KPU dituntut untuk kreatif dalam hal ini.

Gubernur Erzaldi juga meminta KPU membuat aturan atau SOP yang jelas sesuai protokol Covid-19 mengenai tahapan pemilu bagi masyarakat.

Dengan demikian, agar pemilu ini dapat diselenggarakan, sehingga tidak mengurangi kualitas hasil termasuk integritas peserta dan partisipasi pemilihnya. Hal ini perlu disosialisasikan secara menyeluruh kepada masyarakat.

"Saya yakin dengan sosialisasi protokol Covid-19 dalam pemilu ini, masyarakat tetap akan antusias. Karena masyarakat tentunya akan sangat berkepentingan untuk menentukan terhadap pilihan mereka," ungkapnya.

Selain Gubernur Erzaldi Rosman, dalam FGD yang diikuti oleh ketua dan anggota KPU, bawaslu dan stakeholder se-Bangka Belitung ini, juga menghadirkan narasumber Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia Tandjung; Ketua Yayasan Visi Nusantara Maju, Yusfiriadi; dan Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri.

Pada tahun 2020 ini akan ada empat kabupaten di Babel yang akan melaksanakan pilkada. Keempat kabupaten itu adalah Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur. 

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm