Ilustrasi Es Krim Pisang
Ilustrasi Es Krim Pisang ( Kompas)

Es Krim Pisang, Kudapan Manis Yang Diolah Dari Pisang Yang Hampir Busuk

16 Juni 2020 17:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Jika Anda mempunyai buah pisang yang sudah cokelat dan hampir busuk di rumah? Jangan  langsung dibuang ya, annda bisa mengolah menjadi makanan, kudapan bahkan bisa  menjadi es krim pisang yang bisa dibuat di rumah untuk cemilan buah hati anda. Es krim pisang merupakan salah satu  kudapan manis yang memang disarankan menggunakan  bahan dasar buah pisang yang memiliki tingkat kematangan maksimal atau hampir busuk.

Seperti yang disampaikan oleh Corporate Pastry Chef Group Warung Pasta, Locarasa, & NUSA Indonesia Gastronomi, Solihin bahwa pisang yang sudah kecoklatan, yang tingkat kematangannya maksimal tidak susah untuk memasaknya karena tasternya sudah dapat.“Saya sarankan memakai pisang sudah kecokelatan, yang tingkat kematangannya maksimal, jadi enggak susah memasaknya karena tastenya sudah dapat," paparnya kepada Kompas.com, Minggu (14/6/2020).

Pisang yang memiliki kadar gula sangat tinggi dan aroma manis alami yang kuat adalah pisang yang sudah timbul bintik - bintik coklat atau yang sudah berwarna kecoklatan . Namun jika ada bagian daging pisang yang sudah  busuk atau yang berwarna gelap sebelum diolah lebih baik dibuang atau dipotong terlebih dahulu. 

Membuat es krim  pisang seperti yang dijelaskan oleh Solihin  kuncinya adalah ada pada resep dan takarannya  yang pas. Anda  masih bisa menyimpan pisangnya jika tidak sempat untuk mengolahnya atau membuat es krim pisang langsung. Caranya adalah  kupas pisang terlebih dahulu, lalu  masukkan ke plastik kemudian  divakum, dan disimpan di dalam freezer.

Berikut ini cara membuat es krim pisang oleh Ide Masak dalam buku 'Resep Es Krim Favorit ala Cafe' (2013)  yang diterbitkan oleh  PT Gramedia Pustaka Utama,yang menjelaskan cara membuat es krim pisang.

Bahan yang diperlukan untuk membuat es krim pisang:

  • 500 ml susu cair
  • 50 mlsusu kental manis   
  • 2 sendok makan (sdm)gula pasir  
  • 2 sendok teh (sdt)jus lemon atau perasan jeruk nipis 
  • 1 sdtekstrak vanili
  • 2 buah pisang kupas, potong kecil-kecil
  • 100 gramcokelat chips

Cara membuat es krim pisang:

  1. Kocok susu cair bersama susu kental manis, gula, jus lemon, dan ekstrak vanili dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi.
  2. Kemudian pindahkan ke dalam mangkuk plastik. Tutup dan masukkan ke dalam lemari es hingga setengah beku sekitar dua hingga tiga jam.
  3. Keluarkan dari freezer,kemudian kocok dengan mixer hingga lembut. Masukkan kembali ke dalam freezer dan haluskan lagi. Ulangi proses ini 2 sampai 3 kali hingga es krim benar-benar lembut.
  4. Lalu tambahkan cacahan pisang dan kocok kembali tahurkan choco chip, kemudian bekukan lagi. Es krim pisang siap disajikanuntuk orang tercinta anda, selamat mencoba.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pisang Hampir Busuk Paling Nikmat Dibuat Es Krim, Ini Resepnya", https://www.kompas.com/food/read/2020/06/16/170700675/pisang-hampir-busuk-paling-nikmat-dibuat-es-krim-ini-resepnya?page=all#page3.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm