Pantiaw
Pantiaw ( bangkapostravel.tribunnews.com)

Pantiaw, Makanan Khas Bangka Yang Bercita Rasa Gurih Dan Enak.

20 Juni 2020 14:35 WIB

SonoraBangka.id - Selain memiliki kekayaan alam yang indah, pulau  Bangka juga mempunyai beragam kuliner khas  yang enak  yang mampu menggugah selera, satu diantaranya adalah  pantiaw.  Pantiaw merupakan makanan khas Bangka, saus bumbu pada kuahnya terbuat dari olahan daging ikan pilihan. yang memiliki cita rasa yang sedap.  Makanan khas Bangka ini  terbuat dari beras diolah dan dibentuk seperti mie dalam ukuran lebih besar.

Rasanya yang enak dan gurih membuat wisatawan Domestik maupun Mancanegara sangat menyukai makanan khas Bangka ini.  Pantiaw ini Biasanya  disajikan mengunakan bumbu ikan yang sudah direbus, digiling halus, dan dimasak bersama racikan sejumlah bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, lada, garam atau bumbu penyedap rasa lainnya. Masyarakat Bangka menyajikan pantiaw dengan taburan bawang goreng diatasnya , makanan ini dapat dinikmati saat waktu makan siang, dan cocok saat cuaca sedang hujan.

Ada dua jenis pantiaw seperti yang  dikutip dari Bangkapos.com, yaitu  Pantiaw Gandum dan Pantiaw Beras. Sesuai namanya, Pantiaw Gandum dibuat dari bahan utama tepung gandum  bedanya adalah Pantiaw  gandum, umumnya mie seperti dijual di pasaran daerah lain, serta pantiaw ini juga dijual dalam bentuk ukuran tertentu yang lazim disebut cumpuk. Di atas cumpuk mie tadi, ditaruh bumbu ikan yang sudah ditumis bersama bumbu yang sudah disiapkan.

Ketika ingin menyantapnya, cumpukan pantiaw dalam piring atau mangkuk, lalu disiram air hangat, diaduk rata dan siap dinikmati.  Begitu juga Pantiaw Beras, cara penyajian dan cara menikmatinya juga sama. Bedanya, pantiaw beras dibuat dari adonan tepung beras yang dicampur sedikit tepung kanji atau tepung sagu.

Cara pembuatan Pantiaw :

Bahan yang diperlukan:

- 250 gr tepung kanji (sagu),

- 250 gr  tepung beras, 

- 500 gr  ikan parang/tenggiri, garam.

Bumbu:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm