Ilustrasi Demam Berdarah Dengue (DBD)
Ilustrasi Demam Berdarah Dengue (DBD) ( Pixabay)

Di Bangka Belitung Jumlah Kasus DBD Lebih Tinggi dari Covid-19

26 Juni 2020 14:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Selama periode Januari hingga Juni 2020, jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung justru lebih tinggi dibandingkan angka kasus Covid-19.

Dilansir dari Kompas.com, berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Bangka Belitung, jumlah penderita DBD tercatat sebanyak 695 kasus, sedangkan Covid-19 hanya 148 kasus.

"Tertinggi di Kabupaten Belitung sebanyak 308 kasus dengan meninggal dunia nol kasus. Sedangkan di Bangka Tengah tercatat 147 kasus DBD, meninggal 2 orang," kata Analis Penyakit Menular Dinkes Kepulauan Bangka Belitung Syaifullah kepada Kompas.com, Kamis (25/6/2020).

Adapun pasien yang meninggal dunia yaitu pasien berumur 8 tahun yang berdomisili di Kabupaten Bangka Tengah.

Syaifullah menuturkan, lonjakan kasus terjadi pada Januari - Maret 2020.

Saat itu bersamaan dengan peralihan musim yang terjadi di wilayah Kepulauan Bangka Belitung. Sementara itu, pada periode April - Juni 2020, temuan kasus turun drastis.

Bahkan Kabupaten Belitung Timur tercatat nol kasus.

"Petugas di kabupaten/kota juga telah bergerak intensif untuk memutus mata rantai DBD, sehingga angka ini bisa terus ditekan," kata Syaifullah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm