Aplikasi Tiktok (Ilustrasi)
Aplikasi Tiktok (Ilustrasi) ( Tribunnews)

Seruan Uninstall TikTok Sempat Viral di Twitter, TikTok Indonesia Angkat bicara

3 Juli 2020 20:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adanya tudingan aplikasi asal Tiongkok, TikTok yang mengoleksi data user mengancam privasi pengguna.

Bahkan ada kabar yang menyebutkan jika data tersebut bisa bocor dan dipergunakan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Isu terkait keamanan data pengguna TikTok sebenarnya bukan hal baru. Akhir tahun lalu, pemerintah Amerika Serikat  juga mengungkapkan kecurigaan terhadap aplikasi tersebut karena dianggap mengancam keamanan negara dan bisa membahayakan privasi pengguna. Lalu belum lama ini pemerintah India juga memblokir TikTok di negaranya.

Lantas, bagaimana dengan data keamanan pengguna TikTok di Indonesia? Mengingat cukup banyaknya pengguna aplikasi tersebut di Tanah Air.

Sebagai perwakilan TikTok Indonesia TikTok Chief Information Security Officer secara global mengatakan “Saat ini jawaban kami masih sama, Akan kami kabari jika ada statement baru,"

Tim dari TikTok Indonesia akan berkomitmen penuh untuk melindungi privasi pengguna dan memberikan transparansi pada upaya keamanan secara keseluruhan. Selain itu, tim pakar keamanan juga telah melakukan tinjauan luas terhadap proses dan infrastruktur keamanan User.

Dalam keterangan resminya, TikTok Chief Information Security Officer, Roland Cloutier, menjelaskan tentang sistem keamanan data pengguna di aplikasi tersebut.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm