Ilustrasi
Ilustrasi ( haibunda.com)

Ingin Anak Hemat dan Rajin Menabung, Ajari 5 Cara Efektif Ini

5 Juli 2020 16:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Mengajari anak agar bisa hemat dan rajin menabung sejak tentu bukan hal yang mudah.

Apalagi, ketika harus mendidik mereka agar mau menyisihkan uang jajannya untuk ditabung.

Sifat anak-anak, yang masih polos dan memiliki keinginan akan banyak hal seperti jajan atau membeli hal lain yang disukainya, memang cenderung boros.

Sebagai orang tua, mendidik anak agar mereka bisa hidup hemat dan rajin menabung serta tahu cara mengelola uang jajan mereka, tentu perlu kesabaran.

Ilmu dasar yang wajib diketahui oleh setiap orang tua, yaitu umumnya anak-anak di usia sekolah dasar lebih mudah belajar dengan cara meniru.

Oleh sebab itu, metode yang dipandang efektif untuk mengajari anak-anak agar hidup hemat dan rajin menabung adalah dengan memberikan contoh langsung lewat perilaku orangtua-nya sehari-hari.

Selain memberikan contoh, tentu Anda juga perlu strategi bagaimana cara mengajarkan buah hati Anda agar mampu mengatur uang jajannya sendiri dan suka menabung.

Berikut lima tips ringan mengelola uang yang dapat Anda praktikkan kepada si kecil, seperti dikutip dari kompas.com.

1. Berikan Motivasi Menabung

Untuk membantu anak-anak supaya rajin menabung, Anda bisa memotivasi mereka dengan cara meminta mereka menuliskan tujuan mereka menabung.

Umumnya, anak kecil tidak memiliki tujuan yang spesifik ketika menyimpan uang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm