Ilustrasi membersihkan talenan plastik
Ilustrasi membersihkan talenan plastik ( Dok. The Kitchn )

Tak Hanya Di Cuci, 6 Peralatan Dapur Ini Harus Dijemur Di Bawah Matahari. Nomor 1 Menjadi Sarang Bakteri

6 Juli 2020 14:51 WIB

SonoraBangka.id - Memasak adalah kegiatan yang selalu kita lakukan selagi di rumah, baik itu untuk memasak makanan atau sekedar membuat camilan untuk keluarga dari yang sederhana sampai yang rumit, pastinya membutuhkan setidaknya  alat masak.  Anda yang hobi memasak tentu sudah tahu alat-alat masak apa saja yang harus ada saat hendak masak di dapur

Peralatan dapur umumnya jadi lebih sering digunakan selama bekerja di rumah kartena pandemic saat ini. Ternyata perlu anda ketahui  ada beberapa peralatan dapur yang dapat dibersihkan dengan sabun cuci piring biasa, tetapi ada pula yang sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari. Dikutip dari Kitchn, berikut adalah enam perlatan dapur yang sebaiknya dijemur di bawah sinar matahari, dengan berbagai alasan khusus:

1. Tong sampah

Tong sampah harus dicuci dengan rutin, sebab menjadi sarang bakteri. Kondisi tong sampah khususnya yang menampung limbah dapur umumnya lembab. Oleh karena itu menjemur tong sampah di bawah sinar matahari dapat mengurangi bau dan mengurangi bakteri.

2. Talenan kayu

Talenan kayu setelah dicuci penting untuk diangin-anginkan dan sesekali dijemur di bawah sinar matahari agar tidak mudah tumbuh lumut.  Cara lain membersihkan talenan kayu, hindari merendam dengan air di baskom karena dapat membuat talenan kayu retak.

3. Wadah plastik yang bernoda

Wadah plastik untuk menyimpan makanan yang meninggalkan noda seperti bekas kunyit atau sambal, dapat bersih kembali. Caranya peras air jeruk lemon dan jemur di bawah sinar matahari. Namun penting untuk menaruh pemberat agar wadah tidak terbang terbawa angin.

4. Rak kulkas

 Setelah membersihkan rak kulkas dengan air dan sabun, keringkan di bawah sinar matahari. Selain membunuh bakteri sinar matahari mencegah pertumbuhan jamur pada rak kulkas.

5. Kursi meja makan

Kursi meja makan model klasik, biasanya memiliki bantalan busa dan kain di bagian alas duduk. Ini harus sering dijemur di bawah sinar matahari agar tidak lembab dan menjadi tempat tumbuh bakteri.

6. Tas tempat makan dan tas belanja


Tas tempat makan harus sering dicuci karena fungsinya untuk mengangkut makanan siap santap. Sementara tas belanja juga tak boleh luput dibersihkan karena mengangkut sayuran dan daging mentah. Setelah dicuci, kamu dapat menjemur tas di bawah sinar matahari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Peralatan Dapur yang Sebaiknya Dijemur di Bawah Sinar Matahari", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/06/141019775/6-peralatan-dapur-yang-sebaiknya-dijemur-di-bawah-sinar-matahari?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm