Ilustrasi Jalan Kaki
Ilustrasi Jalan Kaki ( shutterstock )

Mitos Atau Fakta ! Makan Sebelum Olagraga Bikin Sakit Perut ?

12 Juli 2020 10:23 WIB

SonoraBangka.id - Makan atau tidak makan sebelum berolahraga seringkali menjadi perdebatan.

Apalagi jika olahraga dilakukan di pagi hari. Ada banyak miskonsepsi dan informasi salah seputar makan sebelum berolahraga.

Namun, apa yang kita makan atau minum sebelum berolahraga memang bisa memberi efek terhadap performa olahraga dan respons tubuh setelah berolahraga.

Salah satu anggapan yang beredar adalah makan sebelum olahraga bisa membuat perut sakit. Apakah anggapan tersebut hanyalah mitos atau justru fakta?

Anggapan tersebut ternyata tidak hanya terjadi di masyarakat tetapi juga di kalangan atlet.

Demikian dikatakan ahli gizi teregistrasi sekaligus ahli gizi olahraga untuk Atlanta Braves, Hawks, dan Falcons, Marie Spano.

"Salah satu alasan paling umum mengapa para atlet (di level profesional) mengatakan tidak pernah makan sebelum latihan adalah karena takut akan merasa sakit perut," kata Spano, seperti dilansir Menshealth.com.

Ia menambahkan, jika efek itu terjadi, seseorang harus menyesuaikannya dengan apa atau kapan mereka makan.

Tapi, bukan tidak makan sama sekali. Menurut dia, ketika para atlet khawatir tentang pencernaan, maka ia akan menganjurkan mereka untuk mulai dengan makanan yang kecil, seperti pisang, 2-3 jam sebelum olahraga.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm