Pokdarwis Kota Pangkalpinang melakukan silaturahmi ke Pemerintah Kota Pangkalpinang, Selasa (9/7/20) diruang Rapat Gedung Tudung Saji Kota Pangkalpinang.
Pokdarwis Kota Pangkalpinang melakukan silaturahmi ke Pemerintah Kota Pangkalpinang, Selasa (9/7/20) diruang Rapat Gedung Tudung Saji Kota Pangkalpinang. ( Diskominfo Pangkalpinang/ Nova)

Pokdarwis Pangkalpinang Usulkan Program 1 Kecamatan 1 Destinasi Wisata 1 UMKM

15 Juli 2020 21:06 WIB

SonoraBangka.ID - Untuk menggerakkan sektor pariwisata dan UMKM di Kota Pangkalpinang, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Pangkalpinang menyampaikan gagasannya.

Sebab, UMKM tidak bisa berjalan sendiri sehingga perlu ditunjang dengan adanya destinasi wisata buatan agar tak menjadi UMKM yang bersifat musiman.

Hal tersenut diungkapkan Yudi selaku perwakilan dari Pokdarwis Kota Pangkalpinang saat melakukan silaturahmi ke Pemerintah Kota Pangkalpinang, Selasa (9/7/20) diruang Rapat Gedung Tudung Saji Kota Pangkalpinang.

Dalam kesempatan itu, Pokdarwis menyampaikan salah satu destinasi wisata buatan yang telah berhasil dibangun oleh Pokdarwis yaitu Kampung Rasau yang telah diserahkan ke Pemerintah Kota Pangkalpinang pada bulan Maret 2020 lalu.

Selain itu, Pokdarwis juga pernah mewakili Pemkot Pangkalpinang dalam ajang perlombaan pariwisata tingkat nasional dan saat ini sedang mengajukan 3 destinasi wisata yang ada di Kota Pangkalpinang ke tingkat nasional, yaitu Kampung Tiga Orang, Kampung Rasau dan Museum Timah yang berlangsung pada bulan agustus hingga desember.

Hanya saja untuk destinasi wisata Museum Timah sendiri sudah masuk kedalam kategori objek destinasi wisata nasional.

Sementara itu, program yang diajukan oleh Pokdarwis saat ini adalah 1 kecamatan 1 destinasi wisata 1 UMKM, hal ini diajukan karena melihat semakin meningkatnya UMKM di Kota Pangkalpinang sebagai dampak dari Pandemi Covid-19.

Untuk itulah Pokdarwis sangat berharap bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk memfasilitasi gagasan mereka tersebut, karena hal itu akan sangat berdampak positif terhadap perekonominan dan umkm di Kota Pangkalpinang, agar bisa memperbaiki kehidupan masyarakat pasca Pandemi Covid-19.

Berdsarkan survey yang dilakukan oleh Pokdarwis, perlu adanya  sinergi antara UMKM dan Pariwisata. Pembinaan terhadap pelaku Pariwisata dan UMKM masih kurang. UMKM tanpa destinasi wisata masih kurang efektif, untuk itu UMKM perlu di kelola dan di fasilitasi dengan sinergi antara UMKM dan destinasi wisata.

Dengan meningkatnya keinginan masyarakat untuk berwiraswasta, Pokdarwis siap membantu pemerintah dengan yang salah satu programnya melakukan penghijauan di Pantai Pasir Padi dengan penanaman 200 Pohon dan bekerja sama dengan PLN.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Bappedalitbangda, M. Belly Jawari, ST, M.Si, menyatakan kalau Kota Pangkalpinang merupakan kota perdagangan dan jasa yang merupakan pintu masuk ke wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sehingga pemerintah dalam hal ini harus menyiapkan ruang bagi pelaku UMKM. Akan tetapi hal ini diakuinya masih terkendala masalah lahan yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Sedangkan menurut Plt. Kadin Pariwisata, Suryo Kusbandoro, pengaturan pengelolaan permasalahan ini harus diatur dengan jelas terlebih dahulu, yaitu dengan pembuatan Perda terlebih dahulu agar semuanya jelas dan terkoordinir dengan aturan yang pasti. Perlunya kerjasama dengan Pokdarwis dan Karang taruna di daerah kecamatan tersebut agar desitinasi wisata dan pusat kuliner bisa berjalan dengan baik.

SumberDiskominfo Kota Pangkalpinang
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm