Pasta saus alfredo.
Pasta saus alfredo. ( Dok. Shutterstock/Ravsky)

Jangan Sampai Salah, Ini perbedaan Saus Carbonara dan Alfredo untuk Pasta

15 Juli 2020 14:27 WIB

SonoraBangka.id - Dua saus kaya rasa yang menjadi andalan untuk dicampurkan pada hidangan pasta  adalah Saus alfredo dan carbonara. Di Indonesia, kedua saus ini sering dinggap sama jadi sering tertukar atau salah kaprah . Sekilas dari tampilan yang berwarna putih, saus alfredo dan carbonara mungkin terlihat sama. Akan tetapi saus alfredo dan carbonara terbilang berbeda, berikut penjelasannya:

Asal usul

Saus carbonara dan alfredo jika dilansir dari chowhound mulanya hadir ketika orang Italia di zaman dahulu merasa bosan dengan aneka saus berwarna merah . Proses pembuatan kedua saus ini sangat sederhana, meski begitu carbonara dan alfredo memiliki rasa krim yang khas serta warna putih yang menggoda selera.

Bahan saus

Saus carbonara umumnya terbuat dari campuran potongan daging, kuning telur, krim kental, bawang putih dan lada hitam tumbuk. Jika diperlukan, anda  bisa ditambahkan keju parmesan asin. Saus alfredo terbuat dari campuran mentega dan krim kental sebagai bahan dasarnya, jika diinginkan  anda juga bisa menambhakan  cincangan daun parsley dan bawang putih bisa ditambahkan ke dalamnya.

Tekstur

Anda akan merasakan perbedaan keduanya di lidah , alfredo dan carbonara keduanya memiliki tekstur yang lembut. Saat menyantap carbonara, anda  akan merasakan tekstur garing dari daging yang ada di saus ini. Sedangkan saat menyantap alfredo, tesktur halus saus akan lebih terasa dan ada rasa daun parsley.

Warna

Saus carbonara dan alfredo memiliki warna putih krem, bedanya warna saus carbonara akan sedikit lebih kuning karena pengaruh kuning telur sebagai bahan saus. Variasi tambahan warna merah daging pada saus carbonara juga membedakannya dari saus alfredo. Saus alfredo mendapat variasi warna tambahan bintik-bintik hijau dari taburan cincangan parslet di atasnya.

Proses memasak

Sebagai siraman hidangan pasta, saus alfredo dimasak terpisah dari pasta untuk kemudian disiramkan ke atas hidangan pasta sebelum disajikan. Lain halnya dengan saus carbonara. Proses pembuatan carbonara dilakukan dengan cara bahan dasar saus diaduk sampai berkilau ke dalam pasta ketika pasta sudah matang. Proses pematangan saus carbonara tidak menggunakan panas api, melainkan panas dari pasta yang sudah diangkat dari kompor.

Penyajian

Saus alfredo bisa dikatakan sebagai saus polos, kita bisa menambahkan protein seperti seafood dan ayam untuk campuran saus agar lebih nikmat. Sementara saus carbonara sudah ditambahkan potongan daging sehingga tak masalah jika saus ini langsung dihidangkan bersama pasta. Rasa saus carbonara sudah lezat tanpa perlu memasukkan bahan tambahan lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbedaan Saus Carbonara dan Alfredo untuk Pasta, Sering Tertukar di Indonesia", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/14/210800075/perbedaan-saus-carbonara-dan-alfredo-untuk-pasta-sering-tertukar-di?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm