Nyamuk merupakan hewan di bumi yang memburu darah manusia
Nyamuk merupakan hewan di bumi yang memburu darah manusia ( britannica.com )

Benarkah Manusia bisa Ditularkan Covid-19 Melalui Nyamuk ?

15 Juli 2020 19:49 WIB

BangkaSonora.id - Nyamuk adalah hewan yang jika namanya disebut saja sudah membuat kita semua merasa risih. Karena selain keberadaannya yang mengganggu, nyamuk juga dapat mendatangkan berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan kesehatan anda dan keluarga.

Selain menjadi salah satu hewan terbang yang mengganggu, nyamuk juga sebagai hewan pembawa penyakit.

Nyamuk menjadi musuh nomor satu manusia untuk dibasmi, karena nyamuk bisa membawa penyakit yang paling mematikan. Seekor nyamuk sudah terbukti mampu menularkan virus zika. Virus Zika termasuk ke dalam kelompok virus flavivirus yang masih berasal dari keluarga yang sama dengan virus penyebab demam berdarah.

Nyamuk -termasuk nyamuk aedes aegypti, bisa mengambil dan membawa virus zika dari manusia yang terinfeksi virus tersebut, dan menjadi perantara penularan.

Sementara itu di tengah pandemi virus corona saat ini, kita tentu sempat bertanya-tanya, apakah mungkin nyamuk bisa mendatangkan risiko serupa dalam konteks Covid-19?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat memberikan jawabannya. Disebutkan, tidak ada bukti manusia dapat terinfeksi Covid-19 dari nyamuk. Sebab, virus corona diketahui menyebar dari kontak antara orang dengan orang lain.

CDC menyebutkan bahwa orang dapat terpapar virus corona karena tetesan pernapasan ( droplet) di saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm