Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka Selatan, Doni
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka Selatan, Doni ( Bangka Pos/ Jhoni Kurniawan)

Pawai dan Karnaval HUT ke-75 RI di Bangka Selatan

16 Juli 2020 23:43 WIB

SonoraBangka.ID - Umumnya, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia sejumlah daerah mengadakan kegiatan pawal dan karnaval di daerahnya masing-masing.

Namun, tahun ini kegiatan pawai dan karnaval dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI terpaksa ditiadakan, termasuk di Kabupaten Bangka Selatan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka Selatan, Doni seizin Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Achmad Ansyori mengungkapkan pawai dan karnaval ini tidak dilaksanakan karena situasi dan kondisi yang masih dikhawatirkan oleh Pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Doni menyebutkan peniadaan pelaksanaan Pawai dan Karnaval juga dilakukan seiring dengan adanya Surat Edaran Menteri Sekretariat Negara Nomor B-492/M.SESNEG/SES/PU.0004/07/2020 tetang Pedoman Peringatan HUT ke-75 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 yang dikeluarkan per 6 juli 2020.

"Melalui surat edaran yang ada maka pelaksanaan beberapa rangkaian acara yang sebelumnya setiap tahun digelar namun tahun ini ditiadakan mengingat Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir," tutur Doni.

Namun demikian, Doni menyatakan pelaksanaan penaikan Sang Saka Merah Putih akan tetap dilakukan namun tidak seramai dengan rangkaian penaikan Merah Putih pada tahun-tahun sebelumnya.

"Nantinya pada Senin, (17/8/2020) hanya ada Upacara Penaikan Bendera Merah Putih yang akan kita gelar di Halaman Kantor Bupati Bangka Selatan yang diikuti oleh kepala daerah, unsur Forkopimda dan lembaga pemerintah yang ada di daerah-daerah," imbuhnya.

Jika biasanya Upacara Penaikan Merah Putih dilakukan pada Pukul 10.00 WIB disertai dengan Detik-detik Proklamasi, namun kali ini lanjut Doni akan dilakukan pada Pukul 07.00 WIB dan tanpa adanya Detik-detik Proklamasi.

"Berkaitan dengan peniadaan kegiatan ini, kami berharap agar seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan memaklumi karena demi menghindari adanya kerumunan massa saat kemeriahan berlangsung dan menyebabkan penyebaran Covid-19," tukasnya.

Umumnya, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia sejumlah daerah mengadakan kegiatan pawal dan karnaval di daerahnya masing-masing.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm