Ilustrasi daging direbus untuk bikin kaldu.
Ilustrasi daging direbus untuk bikin kaldu. ( SHUTTERSTOCK/SEAGULL_L)

Hanya Butuh 7 Menit, Berikut Cara Merebus Daging Agar Hemat Gas

21 Juli 2020 16:03 WIB

SonoraBangka.id - Membutuhkan waktu yang sangat lama untuk merebus daging  seperti daging sapi dan unggas. Khususnya bebek, jika tak menggunakan panci presto, kadang kala bisa memakan waktu berjam-jam untuk merebusnya. Karena merebus daging dalam kurun waktu yang cukup lama, ada cara merebus daging  yang  praktis yang perlu diketahui agar tetap hemat gas. Kamu hanya perlu menyalakan api kompor lebih kurang 7 menit.  Berikut ini Chef Stefu Santoso, selaku Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group menjelaskan cara cepat merebus daging ala dirinya.

Didihkan air di dalam panci  terlebih dahulu , kemudian masukkan daging, rebus sampai mendidih selama lebih kurang 7 menit. “Daging mendidih, tutup panci, matikan (api). Itu sebenarnya prosesnya tidak 7 menit. Tujuh menit memanaskan, terus kita diamkan,” kata Chef Stefu kala. Setelah api dimatikan dan panci ditutup rapat, uap panas dari air yang mendidih tersebut akan terperangkap di dalam panci.

Membuat proses pemasakan terus berlangsung walaupun api sudah dimatikan. “Kalau dalam kondisi diam, panci ditutup, itu panasnya masih di dalam. Dia tidak cepat dingin sehingga proses memasaknya masih terus berjalan. Padahal kompor mati,” pungkas Chef Stefu. Sementara untuk pemilihan potongan daging, ada baiknya jika kamu memilih potongan daging yang cepat empuk. Chef Stefu merekomendasikan daging has dalam dan has luar yang cenderung cepat empuk sehingga bisa mempersingkat waktu memasak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Rebus Daging Hemat Gas, Hanya Butuh 7 Menit", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/21/141400975/cara-rebus-daging-hemat-gas-hanya-butuh-7-menit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm