Ilustrasi Sup Telur
Ilustrasi Sup Telur ( SHUTTERSTOCK/NESAVINOV)

Variasi Olahan Makanan Untuk Keluarga Dari Tiga Bahan Sederhana

22 Juli 2020 15:23 WIB

SonoraBangka.id - Bahan makanan sederhana yang bisa menjadi andalan selama masa pandemi diantaranya  tempe, tahu, dan telur. Tiga bahan ini selain harganya yang murah, rasanya juga enak enak, serta bergizi. Sehingga tak heran menjadi alasan tempe, tahu, dan telur bisa jadi lauk andalan. Rasanya akan mudah bosan juga jika lama kelamaan  terus menerus mengolah tempe, tahu, dan telur dengan cara yang itu-itu saja. Maka dari itu kamu bisa mencoba beberapa variasi olahan bahan makanan sederhana untuk keluarga seperti yang dipaparkan oleh Executive Chef Aprez Catering by Amuz Group Stefu Santoso menjadi narasumber dalam salah acara di televisi.

Cheft Stefu  mengatakan  membuat makanan berkuah adalah salah satu variasi olahan makanan murah dan sederhana untuk keluarga .“Coba kita lihat orang kalau makan ada kuah pedas panas, nafsu kan? Bakso misalnya, bukan baksonya yang banyak tapi kuahnya yang banyak,” kata Chef Stefu. “Dengan kuah itu kita akan mudah menambahkan sesuatu herbs yang bersifat sehat. Contohnya, tambahkan jahe,” sambung dia.

Kebiasaan keluarganya yang dicontohkan oleh Chef Stefu suka membuat sup dengan kuah bening yang kemudian diberikan topping berupa tahu dan sawi asin yang sederhana. Selain membuat kenyang, sajian sederana seperti itu juga bisa meningkatkan imun tubuh, karena dalam kuah bening tersebut sudah mengandung jahe dan bawang putih yang sehat untuk tubuh. Kuah ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat ayam rebus.

Makanan berkuah membuat orang cenderung mengambil kuah yang agak banyak dan lebih sedikit lauk, jadi lebih hemat. Selain membuat sajian berkuah, variasi olahan lain yang juga cukup sederhana adalah segala sesuatu yang ditumis. “Bumbu dasar itu-itu saja dan kebanyakan orang Indonesia makannya pakai kecap. Tempe, tahu kita goreng setengah matang, kita oseng-oseng kasih kecap,” papar Chef Stefu. Khusus tempe,

Olahan perkedel tempe disebutkan Chef Stefu  sebagai versi lebih murah dari perkedel kentang yang biasa kita temukan. Sementara telur jadi bahan makanan yang paling fleksibel menurut Chef Stefu. Kamu bisa mengolah telur dengan berbagai cara. Kini, olahan telur yang dianggap sehat dan mudah dibuat salah satunya adalah telur kukus.

Chef Stefu memaparkan, banyak pabrik kue yang rata-rata hanya menggunakan kuning telur saja dan menjual bagian putih telurnya. Untuk lebih hemat, kamu bisa membeli putih telur yang biasanya dijual oleh pabrik-pabrik kue tersebut. Kocok putih telur, lalu campurkan aneka sayuran. Jika kamu punya daging giling juga boleh dicampurkan. Kemudian kukus telur tersebut hingga matang

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Masak Murah untuk Keluarga, Coba Variasi Tempe, Tahu, dan Telur ", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/22/091100775/tips-masak-murah-untuk-keluarga-coba-variasi-tempe-tahu-dan-telur-?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm