Ilustrasi bandrek, minuman tradisional khas Sunda.
Ilustrasi bandrek, minuman tradisional khas Sunda. ( SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO)

Bandrek, Minuman Khas Sunda Bernilai Jual Tinggi Pada Zaman Kolonial

25 Juli 2020 19:30 WIB

SonoraBangka.id - Bandrek adalah minuman khas Sunda yang banyak disukai orang. Bandrek terbuat dari berbagai bahan, seperti jahe merah, gula merah, sirih, kayu manis,cengkeh, serai yang telah digeprek, dan daun pandan. Bandrek masuk sebagai salah satu dari 10 nominasi Minuman Tradisional Terpopuler di Anugerah Pesona Indonesia ( API) tahun 2020 dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Bandrek umumnya disajikan hangat, sangat pas diminum saat malam hari atau musim hujan.

Fadly Rahman selaku sejarawan makanan mengatakan, bandrek merupakan minuman yang dibanggakan dan dimegahkan oleh banyak orang saat zaman kolonial. Pada zaman kolonial rempah memiliki nilai jual yang tinggi dan bisa ditukarkan dengan barang berharga seperti emas dan perhiasan. Hal tersebut bukan tanpa dasar alasan. Dulu bandrek dianggap mewah karena terdapat banyak rempah dalam komposisi.  Pada abad 19-20, perlahan-lahan pamor rempah tak semegah dulu karena perhatian terhadapnya telah digantikan oleh komoditas kopi, teh, dan gula. Sampai sekarang kopi Indonesia lebih terkenal dibandingkan rempah-rempah Indonesia. Parmor rempah yang turun, membuat redup gengsi bandrek di tengah masyarakat.

Bandrek masih tetap diminati dan dicari khususnya di kawasan pengunungan dengan iklim sejuk walaupun sudah banyak yang meninggalkan. Selain untuk menghangatkan badan, bandrek juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat bandrek yang lain juga untuk mencegah perut kembung, mengatasi masuk angin, mencegah tersumbatnya pembuluh darah, mengobati rematik dan pegal linu, mencegah jerawat, dan mempercantik kulit. Seiring perkembangan zaman, bandrek kini ikut berinovasi. Banyak orang yang membuat variasi bandrek dengan banyak isian, salah satunya adalah bandrek durian.

Cara membuat bandrek

Minuman ini ternyata mudah dibuat dan proses masaknya tidak memakan waktu lama.
Kamu juga bisa membuat dan mencoba bandrek di rumah. Kamu hanya mempersiapkan bahan antara lain seperti jahe merah yang sudah dibakar dan sudah digeprek, gula merah disisir halus, kayu manis. Selanjutnya cengkeh, daun pandan, garam, dan air. Rebus semua bahan dalam dalam air mendidih dengan api sedang lalu tunggu sampai mengaluarkan aroma. Untuk lebih leluasa meminumnya kamu bisa menyaring rempah-rempah dari bandrek, tapi bisa juga disajikan dengan rempahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bandrek, Minuman Khas Sunda yang Dahulu Mahal", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/24/151200475/bandrek-minuman-khas-sunda-yang-dahulu-mahal?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm