ilustrasi anak belajar
ilustrasi anak belajar ( Jupiterimages )

Tips Agar Anak Selalu Happy Belajar Di Rumah

2 Agustus 2020 16:13 WIB

SonoraBangka.id - Disaat merebaknya virus corona di Indonesia hingga ditetapkan sebagai pandemi Covid-19 tentu berimbas ke dunia pendidikan.

Anak - anak sekolah mulai belajar dirumah secara daring.

Sejak dimulainya belajar secara daring inilah, tidak sedikit para orangtua yang mengeluhkan kesulitan untuk mendampingi anak-anaknya belajar di rumah.

Keluhan banyak kita temui di berbagai media sosial.

Sementara itu sikap keras orangtua saat menjadi “guru” pendamping bagi anak bisa membuat anak tidak nyaman belajar, bahkan makin stres dan mogok mengikuti pelajaran. 

“ Saat orangtua stres atau tidak mendukung anak, anak juga dapat merasakannya “ demikian dijelaskan seorang psikolog keluarga Ajeng Raviado. 

Ditambahkan Ajeng dalam acara diskusi media yang diadakan oleh Frisian Flag Indonesia secara virtual (29/7) bahwaUntuk dapat lingkungan belajar yang kondusif, perlu komunikasi yang efektif. Ini bisa dicapai jika orangtua mengenali dan memahami karakter kepribadian anak sehingga bisa menyesuaikan diri.

Pada anak usia dini yang belum bisa mengekspresikan perasaannya, orangtua bisa mengamatinya dari ekspresi dan bahasa tubuh anaknya.

Orangtua juga perlu untuk memahami kebutuhan sang anak.

Seperti memberi anak motivasi, pembiasaan, serta penerapan disiplin positif untuk anak.

Suasana Belajar

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm