Ganti oli motor (Shutterstock)
Ganti oli motor (Shutterstock) ( kompas.com)

Efeknya Jika Kapasitas Mengisi Oli Motor Kelebihan Ataupun Kekurangan

7 Agustus 2020 20:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Fungsi oli adalah untuk melumasi bagian yang ada di dalam mesin. Perlu diketahui jika kapasitas oli pada mesin berbeda-beda setiap motornya. Misalnya ada yang 1,1 liter, atau 0,65 liter.

Selanjutnya oli yang dijual di pasaran biasanya dalam kemasan 0,8 liter maupun 1 liter. Sehingga bisa saja pada saat mengisi oli ke mesin, melebihi atau kurang dari kapasitas yang seharusnya. Lantas bagaimana efeknya kalau kapasitas oli lebih atau kurang?

Gofur, sebagai Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, ada efek yang akan dirasakan oleh pemilik ketika mengisi oli kelebihan ataupun kekurangan.

“Kalau kepenuhan, efeknya pada mesin terasa berat tenaganya. Hal ini disebabkan tidak ada ruang untuk mesin bernapas,” kata Gofur kepada Kompas.com, Rabu (5/8/2020).

Efek dari tidak adanya ruang untuk bernapas pada mesin, dapat menyebabkan seal oli cepat jebol.

Sedangkan efek dari kurangnya kapasitas oli pada mesin motor yaitu membuat komponen di dalamnya kurang terlumasi.

“Jika tidak terlumasi, komponen di dalam mesin jadi cepat rusak,” ucap Gofur.

Endro Sutarno, sebagai Technical Service Division PT Astra Honda Motor,  juga mengatakan, kurangnya oli di dalam mesin membuat sirkulasinya kurang maksimal. Kemudian mesin jadi cepat panas dan komponennya aus.

Untuk mengetahui apakah kapasitas oli sudah sesuai atau belum, bisa mengecek dengan melihat takaran di tutup olinya. Kalau kurang olinya bisa ditambah sedikit agar kapasitasnya pas.

“Kalau lebih sebenarnya bisa saja disedot dari atas, atau dikuras baru dimasukkan lagi sesuai dengan takarannya. Kalau begitu, lebih baik sekalian ganti oli saja,” kata Endro kepada Kompas.com.

Mengecek kapasitas oli ini perlu untuk dilakukan. Kalau oli kelebihan atau kekurangan, tidak ketahuan hanya dari suara mesin. Kecuali jika sudah ada komponen yang aus atau rusak, baru bisa terdengar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganti Oli Motor, Jangan Sampai Kurang atau Lebih", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/05/193100515/ganti-oli-motor-jangan-sampai-kurang-atau-lebih.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm