Ilustrasi Udang
Ilustrasi Udang ( Shutterstock )

Tips Membersihkan Kotoran Udang Dengan Cepat Sebelum Memasaknya

8 Agustus 2020 15:05 WIB

SonoraBangka.id - Sebelum memasak udang, terbilang membutuhkan banyak waktu untuk membersihkannya. Kesabaran semakin diuji ketika harus membersihkan udang satu per satu dalam jumlah banyak. Kamu perlu membersihkan atau membuang bagian kulit, kepala, dan kotoran yang berbentuk seperti benang hitam. Ada cara membersihkan kotoran udang dengan lebih cepat. Berikut tips membersihkan udang seperti dilansir dari Just One Cook Book:

1. Membersihkan kulit udang

Seperti yang kita tahu, udang memiliki kulit yang cukup susah untuk dimakan. Oleh karena itu, udang sering diolah tanpa kulitnya pada beberapa resep masakan. Tarik bagian kepala kepala udang, lalu kupas kulit luarnya. Agar lebih mudah, kupas kulit dari ruas ke-3 dari kepala agar semua kulit ikut tertari. Cara ini digunakan jika kamu termasuk orang yang lebih suka membuang kulit udang sebelum memasaknya.  

2. Mengerat punggung udang

Kerat bagian punggung udang dengan pisau kecil, jika kamu ingin membuat bumbu lebih meresap ke dalam udang. Setelah mengupas kulit udang punggung udang yang dikerat ini bisa membantu proses penyerapan bumbu ke dalam daging udang. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus membersihkan bagian kotoran udang atau saluran pencernaan yang terletak di punggungnya.

3. Pakai tusuk gigi untuk membuang kotoran udang

Daging udang utuh yang tidak dikerat biasanya lebih juicy sehingga tak jarang, udang tanpa kulit dimasak dalam keadaan badan udang utuh. Jika kamu ingin membuat udang seperti itu, tetapi tetap ingin membuang kotoran udang. Gunakan tusuk gigi. Caranya adalah tusuk punggung udang dengan tusuk gigi dan congkel keluar ktoran udang. Badan udang akan berbentuk utuh tetapi bagian dalamnya bersih.

4. Pakai tepung kentang untuk membersih udang

Biasanya udang harus dicuci dengan air mengalir setelah membersihkan kulit dan kotoran udang, Namun membilas udang dengan air mengalir terkadang tidak cukup membersihkan udang dari partikel dan kotoran. Agar udang lebih bersih, tambahkan sedikit tepung kentang pada udang lalu gosok-gosok udang, kemudian bilas dengan air mengalir. Tepung kentang ini dapat membersihkan partikel kotoran dan menyerap bau udang. Hasil daging udang akan bersih dan lebih beraroma segar.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cepat Bersihkan Kotoran Udang ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/07/212300975/cara-cepat-bersihkan-kotoran-udang-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm