ikan hias guppy
ikan hias guppy ( Shutterstock )

Walaupun Sama-Sama Ikan Hias, Ternyata Ikan Cupang dan Guppy Beda Karakter

10 Agustus 2020 15:21 WIB

SonoraBangka.id - Ikan hias adalah jenis ikan baik yang berhabitat di air tawar maupun di laut yang dipelihara bukan untuk konsumsi melainkan untuk memperindah taman/ruang tamu.

Ikan hias banyak jenisnya, salah satunya adalah ikan cupang dan guppy.

Namun, walaupun sama-sama ikan hias karena seindahan sirip dan warnanya, ternyata kedua ikan tersebut berbeda karakter.

Beda dengan ikan cupang yang memang berasal dari perairan Indonesia, ikan guppy berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan dan baru masuk ke Indonesia pada awal 1920-an.

Pada mulanya ikan ini digunakan untuk memakan jentik nyamuk malaria.

Sahlan Rosyadi, President Indonesia Guppy Popularize Association, komunitas yang menaungi ribuan penghobi ikan guppy di seluruh Indonesia menjelaskan bahwa seiring berkembangnya jumlah peminat ikan guppy, jenis ikan ini berkembang sangat banyak.

Bahkan bisa dikatakan jenis ikan guppy saat ini yang paling banyak dibanding ikan hias lain.

“Bahkan di Indonesia ada satu farm ikan guppy yang memiliki koleksi jenis ikan guppy lebih dari 150 jenis ikan guppy,” katanya.

Karena saat ini proses penyilangan dari breeder seluruh dunia terus dilakukan, maka ikan jenis guppy ini akan terus bertambah.

Sahlan menjelaskan bahwa perbedaan utama ikan guppy dan ikan cupang adalah karakternya.

Ikan guppy memiliki karakter berkoloni dan tidak agresif dengan ikan guppy lainnya, sehingga bisa dipelihara bersama-sama dalam satu akuarium atau aquaspace.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm