Ilustrasi
Ilustrasi ( ibupedia.com)

Agar Kerak Hilang Dan Kinclong, Berikut Cara Membersihkan Kompor Gas

16 Agustus 2020 11:54 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu peralatan masak di dapur yang sangat penting dan harus selalu terawat adalah kompor gas. Dibandingkan dengan cara memasak tradisional atau menggunakan kompor minyak tanah kompor gas dapat mempermudah dan mempercepat proses memasak di dapur. Jika perawatan kompor tidak diperhatikan maka kemampuan kompor gas akan berkurang. Perawatan kompor bisa dilakukan dengan cara rajin membersihkan kompor, agar kotoran dan cipratan lemak tidak menumpuk terutama pada saluran api. Selain itu, kompor akan lebih enak dipandang jika selalu dalam keadaan bersih.


Waktu yang direkomendasikan untuk membersihkan kompor gas?

Perawatan atau pembersihan kompor dilakukan tergantung seberapa sering kompor digunakan. Melansir dari Allrecipes, salah satu tanda kompor harus dibersihkan adalah ketika nyala api kompor sudah mulai tidak merata atau berwarna kuning. Pada saat itu, kamu harus membersihkan kompor secara menyeluruh. Jika tidak, pembersihan menyeluruh setiap sebulan sekali sudah cukup.

Bagaimana cara membersihkan kompor gas?

Cuka dan baking soda adalah bahan-bahan masakan yang ada di dapur yang dapat digunakan untuk membersihan kompor gas. Cuka berfungsi membantu menghilangkan lemak dan soda kue berfungsi untuk menghilangkan kerak sisa makanan dan kotoran yang menempel. Berikut ini cara membersihkan kompor gas dengan cuka dan soda kue.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Sarung tangan anti panas (opsional)
  • Panci dangkal
  • Cuka putih
  • Air
  • Botol semprotan
  • Bubuk soda kue
  • Sikat pembersih atau sikat gigi

Cara membersihkan tungku kompor

1. Biarkan kompor dingin setelah digunakan untuk memasak. Lepaskan tatakan tungku kompor, tutup burner, dan kepala burner. Jika masih panas kamu dapat menggunakan sarung tangan anti panas untuk memegangnya.

2. Isi panci dengan setengah air dan setengah cuka. Letakkan material tungku di dalamnya sampai semua bagian terendam.

3. Biarkan terendam di dalam larutan selama 30 menit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm