Ilustrasi makaroni brokoli
Ilustrasi makaroni brokoli ( siamionau pavel / shutterstock)

Makaroni Brokoli Siram Saus Putih, Sarapan Sehat Yang Mudah Dibuat

20 Agustus 2020 06:05 WIB

SonoraBangka.id - Tidak memiliki waktu lama untuk sarapan? Tetapi butuh makanan sehat sebelum memulai rutinitas.  Kamu bisa mencoba membuat  Makaroni Brokoli Siram Saus Putih. Hidangan ini terdiri dari makaroni dan brokoli yang direbus, kemudian disiram dengan saus yang terdiri dari susu cair, keju, dan sedikit larutan tepung terigu. Dalam buku "Seri Jadi Koki Sekejap - Aneka Sarapan Penuh Gizi dalam Waktu 30 Menit" (2013) By Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, memaparkan resep sarapan sehat yang mudah dibuat seperti berikut:

Resep Makaroni Brokoli Siram Saus Putih

Bahan utama:

  • 150 gram makaroni
  • 500 ml air, untuk merebus
  • 100 gram cincang kasar daun brokoli (buang tangkainya)
  • 250 ml susu cair
  • 50 gram parutan keju
  • 1 sdm (sendok makan) tepung terigu

Bumbu:

  • 1 sdt (sednok teh) garam
  • 1/2 sdt merica

Cara membuat Makaroni Brokoli Siram Saus Putih:

  1. Masak 500 ml ai di dalam panci, rebus makaroni selama 8 menit, angkat dan tiriskan. Baca juga: Resep Sarapan Praktis, Tahu Telur Surabaya
  2. Panaskan 1 sendok makan mentega di wajan anti lengket. Masukkan tepung terigu, tumis hingga tepung berubah warna kekuningan.
  3. Tuangi susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga rata. Beri bumbu dan parutan keju, angkat, dan sisihkan.
  4. Masak 200 ml air, rebus cincangan kasar brokoli selama 3 menit, angkat lalu sisihkan. Kemudiansiapkan piring saji.
  5. Isi dengan setengah bagian makaroni, tutup bagian atasnya dengan rebusan cincangan kasar daun brokol. Hidangkan makaroni brokoli dengan disiram saus putih dan sedikit taburan bawang putih goreng.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Makaroni Brokoli Saus Putih untuk Sarapan Sehat ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/15/071600675/resep-makaroni-brokoli-saus-putih-untuk-sarapan-sehat.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm